Indonesia + Cina

by :
Posted : April 9, 2010
Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin nggak sadar kalau banyak produk akulturasi alias hasil peleburan dua budaya, kebudayaan Cina (Tionghoa) dengan kebudayaan Indonesia, di berbagai bidang. Hal ini bisa terjadi karena sejak dulu, orang Cina sudah datang merantau untuk mengadu nasib di berbagai daerah di Indonesia. Nggak percaya? Yuk, kita cek dulu.


Bakso
Makan bakso sore-sore di saat hujan turun. Nikmaaat! Makanan ini asalnya juga dari Cina. Bakso dibuat dari daging babi (bak) yang dicacah dan dibentuk bulat (so). Begitu masuk ke Indonesia, bahan dasar makanan ini diganti menjadi daging sapi atau ikan.

Gambang Kromong
Ada lagi kesenian bernama Gambang Kromong. Dalam orkes musik ini, kelihatan banget tuh perpaduan dua budaya. Unsur-unsur Cina tampil lewat alat musik gesek tehyan, kongahyan dan sukong,

Sedangkan alat musik lainnya seperti gendang, kromong dan kecrek merupakan unsur pribumi. Lagunya pun beragam. Selain memainkan lagu Jali-Jali atau Lenggang-Lenggang Kakung, orkes gambang kromong juga memainkan lagu-lagu bercorak Cina.
Awal mulanya, gambang kromong ini adalah musik tradisional Betawi yang digunakan untuk mengiringi upacara sembahyang orang Tionghoa. Tapi, kemudian menjadi musik hiburan rakyat yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Kebaya Encim
Kalau kondangan, kita bisa melihat banyak ibu-ibu yang memakai Kebaya Encim. Nah, kebaya ini juga merupakan perpaduan dari budaya orang Tionghoa dengan Indonesia. Asalnya sih, kebaya memang asli Indonesia, tapi kemudian dimodifikasi dan diadaptasi oleh cewek-cewek Tionghoa.

Caranya adalah dengan menambahkan sulaman (bordir) benang warna-warni di kebaya tersebut. Sulaman ini punya banyak macam motif dekoratif, lho. Mulai dari gambar bunga, kupu-kupu, burung dan motif lainnya. Seru, ya? Selain itu, mereka juga mengubah ujung kebaya menjadi berbentuk runcing (tadinya, kebaya Indonesia berujung rata). Hingga akhirnya, lahirlah Kebaya Encim yang kita kenal sekarang ini.

Ada yang tahu, kira-kira apa lagi yang merupakan percampuran budaya Indonesia dan Cina, ya?

polling

Indonesia + Cina

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.