Jan Koum Pendiri WhatsApp

by : Priska Zahra
Posted : July 16, 2016
Siapa sih, yang nggak kenal aplikasi satu ini? Yup, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instant messenger yang wajib dimiliki pengguna Android maupun iOS. Tapi, sebenarnya siapa sih, pendiri WhatsApp? Yuk, kenalan.
 
Kalau Facebook sempat digagas oleh Mark Zuckerberg, WhatsApp punya Jan Koum sebagai andalannya. Jan Koum lahir di Desa Kiev, Ukraina, pada 24 Februari 1976.
 
Saat umurnya 16 tahun, Koum bersama ibunya pindah ke sebuah apartemen sempit di Mountain View, California, AS. Untuk memenuhi kebutuhannya, sang ibu bekerja sebagai baby sitter. Sedangkan Koum membantu ibunya menjadi cleaning service di sebuah supermarket. Malangnya, ibu Koum divonis kanker, sehingga memaksa mereka hidup hanya dengan tunjangan sosial pemerintah.
 
Kecintaannya terhadap program komputer diawali di bangku SMA. Ketika senggang, Koum selalu menyempatkan diri belajar dari buku bekas yang ia beli. Kemiskinan nggak menghalangi Koum untuk meneruskan pendidikan. Ia pun terdaftar sebagai mahasiswa San Jose State University, AS. Setelah lulus ia sempat bekerja di sebuah perusahaan multinasional professional bernama Ernst & Young sebagai security tester.
 
Di tahun 1997, Koum bekerja di Yahoo sebagai Insinyur infrastruktur. Di sana, Koum bertemu dan menjalin persahabatan dengan Brian Acton. Keduanya lalu memutuskan untuk keluar dari Yahoo pada tahun 2007. Uniknya, di tahun yang sama, Koum dan Brian memutuskan melamar pekerjaan di Facebook dan ditolak.
 
Nah, dari sinilah ide cemerlang muncul. Koum terinspirasi membuat WhatsApp setelah membeli iPhone yang punya fitur App Store. Ia mulai mendiskusikan tentang aplikasi instant messaging yang bentuknya seperti address book. Dengan bantuan Acton, pada tahun 2009, Koum berhasil mendirikan WhatsApp Inc.
 
Selama mengembangkan aplikasi ini, banyak hal yang dialaminya. Bahkan, Koum sempat putus asa dan mengurungkan niatnya untuk melanjutkan WhatsApp. Ia tahu bahwa nggak semudah itu melakukan sinkronisasi antara aplikasi dengan nomor telepon.
 
Untungnya, dengan bantuan dan kerja keras, aplikasi ini mulai booming di tahun 2011 dan membuat Koum masuk ke daftar 500 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016 versi Forbes. Editor: Dian Nurlizta - Foto: www.bussinessinsider.com
 

polling

Jan Koum Pendiri WhatsApp

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!