Jean Batten, Pilot Cewek yang Pecahkan Rekor Dunia

by : Fanny Indriawati
Posted : September 15, 2016
Setelah menampilkan replika makanan karya Takizo Iwasaki, Google Doodle pada 15 September 2016 ini memperlihatkan gambar cewek sedang menggendong kucing. Ternyata, sosok tersebut adalah Jean Batten, pilot cewek asal Selandia Baru.
 
Google Doodle hari ini memang dibuat untuk memperingati hari lahir Jean ke-107 tahun. Jean terpilih, karena dianggap bisa mewakili sosok cewek hebat.
 
Cewek bernama lengkap Jean Gardner Batten ini lahir 15 September 1909 di Rotorua, Selandia Baru. Saat berusia 18 tahun, Jean ingin menjadi pilot setelah diajak terbang oleh seorang pilot Australia bernama Charles Kingsford Smith. Dia pun akhirnya mengambil sekolah penerbangan di Inggris.
 
Nama Jean mulai dikenal setelah sukses terbang solo dari Inggris ke Australia pada tahun 1934 selama 14 hari 22 jam. Waktu tempuh tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh pilot cewek asal Inggris, Amy Johnson, yaitu selama 18 hari.
 
Di 1935, ia menempuh perjalanan dari Inggris ke Brazil. Hal ini membuat dia mendapat penghargaan sebagai pilot cewek pertama yang terbang menjelajahi Samudra Atlantik bagian Selatan.
 
Pengalaman terbang Jean akhirnya berhenti saat Perang Dunia II tahun 1939. Dia dilarang untuk menerbangkan pesawat dan sejak saat itu, nggak pernah terlihat lagi sebagai pilot. Tapi, bukan berarti namanya dilupakan, lho. Setiap ada acara penerbangan, Jean masih terus diundang sebagai tamu kehormatan.
 
Jean meninggal di 1982 akibat gigitan anjing. Meskipun sudah sempat diobati, ternyata luka tersebut telanjur menimbulkan infeksi dan menyebabkan kematian.
 
Lalu, siapa kucing yang digambarkan dalam Google Doodle? Ternyata, kucing itu bernama Buddy. Setiap terbang, Jean selalu membawa Buddy. Nggak heran deh, Google pun menampilkan Buddy sebagai bentuk penghormatan. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.stuff.co.nz

polling

Jean Batten, Pilot Cewek yang Pecahkan Rekor Dunia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!