Kenapa Kita Tergerak oleh Musik? Ini Dia Jawabannya

by : Maulida Belliana Putri
Posted : December 10, 2018
Musik memiliki kemampuan untuk membangkitkan respons emosional yang kuat bagi para pendengarnya. Kenapa kita dapat tergerak untuk nge-dance ketika mendengarkan musik? Bagaimana musik membangkitkan emosi kita? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui penjelasan respons emosional kita terhadap musik menurut Prof. Shahram Heshmat Ph.D dari University of Illinois, Amerika Serikat.
 
1. Nostalgia
Mendengarkan musik yang sering kamu putar dalam hidupmu akan memunculkan nostalgia yang sifatnya emosional. Perasaan tersebut bukan berasal dari musik yang sedang kamu putar, tapi dari ingatanmu yang mengacu pada suatu peristiwa tertentu.

Kamu tentunya pernah mendengar lagu yang kamu dengar beberapa tahun lalu dan kamu dengarkan kembali di masa sekarang. Lagu itu kemudian mengingatkanmu pada seseorang atau pada kenangan tentang orang tersebut.
 
2. Menyesuaikan Gerakan dengan Musik
Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan untuk mengikuti gerakan tubuh kita seiring dengan alunan musik. Gerakan tersebut diperkuat oleh irama. Irama yang kamu rasakan terhubung ke sistem pendengaran yang memiliki koneksi ke sistem motorik di otak.

Koneksi ini menjelaskan mengapa musik membuat kita ingin menari dan merasakan kecenderungan untuk mengikuti iringan musik. Musik yang keras dan cepat akan membangkitkan rasa semangat. Sebaliknya, musik santai dan pelan dapat mengurangi perasaan cemas.
 
3. Musik Sebagai Bahasa Emosi
Musik merupakan bahasa emosi yang mewakili bermacam-macam perasaan. Jika kamu kesulitan mengungkapkan perasaan lewat kata-kata, mengekspresikan emosimu melalui musik akan terasa lebih mudah. Musik memiliki kemampuan untuk meniru emosi.

Pola-pola yang ada di dalam musik mencerminkan kehidupan emosional kita, seperti pendahuluan, klimaks, dan penutupan. Kamu tentu pernah mendengar musik bertempo lambat yang sering kali dikaitkan dengan kesedihan. Hal tersebut merupakan luapan emosi milik individu yang sedang bersedih.
 
4. Menularkan Emosi
Ketika kamu melihat suatu emosi, terkadang emosi tersebut akan memiliki pengaruh terhadapmu. Contohnya, kamu akan secara otomatis menampilkan wajah cemberut ketika melihat ekspresi wajah orang yang ketakutan dan kesedihan.
 
Aspek-aspek visual dari pertunjukan musik sangat mempengaruhi pengalaman kita tentang musik. Menonton dan mendengarkan termasuk ke dalam pengalaman musik. Ekspresi wajah ketika bermusik sangat penting untuk mengkomunikasikan makna emosional musik agar sampai ke hati penonton. Ketika kamu mendengar pertunjukan cello yang menyedihkan, maka kamu juga akan merasa sedih akibat permainan tersebut.
 
Editor: Maharani Legita – Foto: pexels.com
 
Baca juga:

polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.