Kenapa Sih, Harus Mematikan Ponsel di Pesawat?

by : Leoni Sihombing
Posted : June 10, 2017
Wah, Lebaran sudah tinggal beberapa minggu lagi, nih. Dan pastinya, beberapa diantara kita ada yang harus mudik menggunakan pesawat. Nah, seperti yang kita ketahui, ada beberapa peraturan yang harus kita ikuti ketika bepergian menggunakan pesawat. Salah satunya adalah mematikan ponsel!
 
Yup, peraturan ini memang sudah nggak asing lagi buat kita yang pernah traveling menggunakan pesawat. Tapi, pasti kita pernah bertanya-tanya, kan. Kenapa sih, memangnya harus mematikan ponsel di pesawat? Memang bahayanya apa?
 
Peraturan tersebut dibuat bukan tanpa sebab lho, girls. Alasan utamanya adalah sinyal ponsel berpotensi mengganggu komunikasi dan navigasi pesawat. Sebelumnya kamu harus tahu, bahwa pesawat yang sedang terbang itu tetap melakukan komunikasi terhadap stasiun yang ada di darat maupun dengan pesawat lain. Nah, komunikasi itu dilakukan melalui gelombang radio. Sementara itu, ponsel kita juga bekerja menggunakan gelombang radio, lho. Masih bingung?
 
Ponsel yang kita gunakan itu memancarkan dan menerima gelombang ke dan dari menara pemancar terdekat atau yang lebih dikenal dengan Base Transceiver Station (BTS). Jika kita mengaktifkan ponsel kita, ada kemungkinan frekuensi gelombang radionya sama dengan frekuensi yang digunakan oleh pesawat untuk berkomunikasi. Jika hal ini terjadi, timbullah gangguan sinyal dikarenakan sinyal lain yang frekuensinya sama atau berdekatan.
 
Gangguan sinyal tersebut menimbulkan suara mengganggu yang sama dengan ketika kita mendekatkan ponsel ke speaker. Suara mengganggu tersebutlah yang nantinya bisa terdengar pada headphone pilot untuk berkomunikasi. Hal ini membahayakan, karena bisa saja pilot salah mendengar navigasi atau bahkan nggak bisa mendengar arahan navigasi sedikit pun.
 
Dengan mematikan ponsel atau mengaktifkan airplane mode, hal tersebut bisa dicegah dan komunikasi pilot dengan stasiun dan pesawat lain pun bisa diterima dengan jelas. Jadi, taati aturan yang ada ya, girls!
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.techxcite.com
 
Baca juga:

Topic

#trivia

polling

Kenapa Sih, Harus Mematikan Ponsel di Pesawat?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.