Ketahui 4 Fakta Kista Coklat

by : Maria Delviera
Posted : May 3, 2017
Sebagai cewek, saat mendengar kata kista pasti terasa menakutkan. Kista bisa muncul di mana saja, tapi yang paling sering terjadi pada perempuan adalah kista ovarium. Kista yang terdapat pada ovarium atau indung telur ini ada berbagai variasi. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah yang disebut dengan istilah kista coklat. Yuk, ketahui fakta-faktanya!
 
Kista Endometriosis atau Kista Coklat
Kista coklat adalah istilah lain dari kista endometriosisEndometriosis adalah jaringan endrometrium (lapisan rahim) yang tumbuh di luar rahim. Normalnya, endometrium ini ada di dalam rahim kita. Jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi, karena darah berada di luar rahim, akhirnya mengendap dan nggak bisa keluar. Endapan tersebut beserta dengan jaringan di sekitarnya akan mengalami iritasi. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk. Disebut kista coklakarena di dalamnya berisi penumpukan darah berwarna merah kecokelatan yang bisa pecah.
 
Tumor Jinak
Endometriosis ini merupakan tumor jinak, karena jaringannya nggak cepat berkembang. Kalau jaringannya menyebar dan berkembang pesat, maka tumor tersebut ganas atau yang disebut kanker. Ukuran kista coklat juga akan terus berkembang. Cara menghilangkannya adalah dengan jalur pengangkatan atau operasi.
 
Penyebabnya Menstruasi yang Nggak Bersih
Penyebab munculnya endrometriosis atau kista coklat belum dapat dipastikan 100%. Tapi, salah satunya bisa disebabkan karena darah menstruasi yang nggak keluar seluruhnya lewat vagina. Jadi, darah menstruasi malah menempel di dinding luar indung telur. Kalau terus terjadi, maka akan menggumpal dan menjadi kista.
 
Nyeri Saat Menstruasi yang Berbahaya
Keberadaan kista di ovarium, gejalanya berupa rasa nyeri setiap kali menstruasi. Nggak hanya saat menstruasi, bahkan ketika sedang tidak menstruasi juga sering terasa nyeri di perut bagian bawah, lho. Rasa nyeri ini akan timbul-hilang. Sehingga biasanya, kita nggak terlalu menaruh perhatian kalau mengalami hal ini. Sebaiknya, kita selalu cek kesehatan alat reproduksi. Nggak perlu malu dan khawatir, karena pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat USG (ultrasonografi). Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.adaec.org
 
Baca juga:

Topic

#trivia , #kesehatan , #lifehacks

polling

Ketahui 4 Fakta Kista Coklat

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAUL