Ketahui Fakta Tentang Virus Korona yang Menyerang Warga Tiongkok

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 22, 2020
Belum lama ini, dunia kembali digemparkan dengan kabar penyebaran virus korona yang berasal dari Tiongkok, tepatnya di kota Wuhan, Hubei, Tiongkok. Virus yang ditemukan pada unggas dan mamalia ini lebih dikenal sebagai Virus Wuhan. Berdampak cukup serius, Virus Wuhan disebut-sebut telah menyebar ke wilayah lain di luar Tiongkok, termasuk  Jepang, Thailand, Korea Selatan, juga Amerika Serikat. 
 
Laporan terkini dari Komisi Kesehatan Tiongkok menyebutkan bahwa Virus Wuhan telah menyebabkan bertambahnya jumlah korban meninggal dari 6 orang menjadi 9 orang. Pada hari Rabu, 22 Januari 2020, jumlah korban yang terinfeksi pun dipastikan telah bertambah menjadi 440 orang. 
 
Penyebaran virus korona ini pertama sekali dilaporkan di bulan Desember tahun lalu. Virus yang memunculkan gejala berupa demam, sakit tenggorokan, pilek, sakit kepala, dan pneumonia ini dipercaya berasal dari sebuah pasar yang menjual seafood di kota Wuhan, Hubei, Tiongkok
 
Berdasarkan penelitian, virus ini tidak hanya dapat menyebar dari hewan ke manusia, tetapi juga dari manusia ke manusia lewat batuk atau bersin, berjabatan tangan dengan seseorang yang terinfeksi, atau dengan menyentuh permukaan yang mengandung virus di atasnya, lalu menyentuh tangan, mulut, atau mata seseorang.
 
Menanggapi hal tersebut, Komisi Kesehatan Tiongkok menyarankan agar orang-orang membiasakan diri mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dan menghindari kontak dengan orang sakit untuk mencegah penyebaran virus.
 
Saat ini, pemerintah Tiongkok tengah melakukan penyaringan di kotanya, mulai dari pengecekan transportasi umum, sampai mengeluarkan peringatan agar warganya tidak keluar masuk kota Wuhan saat tidak dibutuhkan.
 
Penyaringan ini diumumkan pula di beberapa bandara di Amerika Serikat, seperti di bandara Los Angeles, San Francisco, New York, Atlanta, dan Chicago, di mana para penumpang yang berasal dari kota Wuhan diminta untuk diperiksa kesehatannya. 
 
Pihak World Health Organization (WHO) pun ikut turun tangan dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Wuhan ini. Kabarnya, pejabat dari WHO akan segera melakukan diskusi di Jenewa, Swiss untuk menentukan apakah wabah virus ini termasuk ke bencana darurat yang mengancam kesehatan di tingkat global.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: www.foreignpolicy.com,  www.straitstimes.com
 
Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GOSIP