Lee Hae-Jin si Founder LINE Messenger

by : Mercyella
Posted : December 28, 2016
Buat yang hobi mengirim pesan lewat smartphone, pasti pernah menggunakan aplikasi LINE Messenger. Setelah pertama kali dirilis pada Juni 2011, aplikasi chatting asal Korea Selatan ini ternyata langsung diminati banyak orang dan berkembang cukup pesat. Nggak heran kalau sang founder, Lee Hae-Jin bisa jadi salah satu miliarder di dunia berkat aplikasi ciptaannya itu. Kenalan sama penemunya yuk!
 
Ternyata, sosok di balik larisnya LINE Messenger adalah pria kelahiran Seoul, Korea Selatan ini. Pria bernama lengkap Hae-Jin Lee ini merupakan seorang sarjana teknik lulusan Seoul National University. Hae-Jin memulai kariernya pada akhir tahun 1992 dengan bekerja di Samsung SDS. Nggak lama kemudian, pria yang lahir pada tahun 1967 ini memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya tersebut untuk membangun perusahaannya sendiri bernama Naver.
 
Tapi nggak semudah itu, dirinya harus terus mencari partner untuk mengembangkan usahanya. Akhirnya, Hae-Jin bergabung dengan salah satu portal game bernama Hangame yang dimiliki Kim Beom-su. Semenjak itu, Naver berubah menjadi NHN (Next Human Network). Sayangnya, Kim Beom-su harus hengkang dari NHN pada 2010 dan mendirikan Kakao Corp. Setelah Kim Beom-su meninggalkan NHN, barulah Hae-Jin meluncurkan sebuah aplikasi pengirim pesan pada tahun 2011. Aplikasi yang bisa diunduh gratis oleh penggunanya ini dinamakan LINE Messenger.
 
Ternyata LINE muncul ketika Jepang dilanda gempa dan tsunami. LINE diciptakan karena saluran telepon saat itu terputus. Banyak orang harus berhubungan melalui internet. Nggak diduga kalau ternyata LINE berkembang pesat, bahkan pada Oktober 2011 LINE sempat overload. Penggunanya mencapai 110 juta yang tersebar di 230 negara di dunia. Bahkan, LINE sempat menduduki posisi pertama dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara.
 
Pada tahun 2013, Hae-Jin menjabat sebagai Ketua Dewan Perusahaan pada 2013. Pada masa kepemimpinannya, perusahaan Hae-Jin sempat dituntut oleh Fair Trade Commission, lho. Perusahaannya dituduh menjalankan praktik usaha yang nggak sehat, nih. Tapi perjuangan Hae-Jin membela perusahannya di pengadilan nggak sia-sia. Naver menang setelah mengajukan banding di persidangan.
 
Saat ini Hae-Jin memiliki 4,6 persen saham di Naver dan NHN Entertainment. Di usianya yang ke-49 ini Hae-Jin berhasil menempati peringkat ke-34 pada daftar 50 orang terkaya versi majalah Forbes pada April lalu. Jumlah kekayaannya mencapai USD 575 juta atau setara 7,6 triliun. Kekayaan Hae-Jin diprediksi akan terus bertambah seiring banyaknya pengguna aplikasi pengirim pesan ini. Editor: Ayu - Foto: www.forbes.com
 

polling

Lee Hae-Jin si Founder LINE Messenger

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.