Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsi Para Atlet, Lho!

by : Laura Felicia
Posted : August 29, 2018
Demi mempersiapkan dirinya menuju ke sebuah pertandingan, para atlet harus berlatih selama berjam-jam, lho! Pastinya mereka akan membutuhkan energi, agar tetap kuat dalam menjalani sesi latihan. Inilah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para atlet.
 
1. Makanan yang Tinggi Karbohidrat
Sumber tenaga utama didapatkan para atlet didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat. Pilihan karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks yang lebih kaya akan serat dibandingkan dengan gula.
 
Jika kandungan karbohidrat tidak tercukupi, maka seorang atlet akan merasa lebih cepat lelah. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang, roti gandum, oatmeal, nasi merah, kacang-kacangan dan sereal.
 
2. Makanan yang Mengandung Protein
Selain karbohidrat, para atlet juga sangat membutuhkan protein untuk dapat mempertahankan performanya. Ketika cadangan karbohidrat pada tubuh sudah menurun, protein dapat membantu menggantikan fungsi karbohidrat. Protein ini sangat baik untuk memulihkan otot, setelah otot bekerja secara terus-menerus selama latihan. Beberapa makanan yang mengandung protein dan baik untuk dikonsumsi oleh atlet adalah telur, ikan, daging ayam atau daging sapi.
 
3. Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral berperan sangat penting bagi metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin dan mineral dapat berfungsi untuk menjaga tubuh para atlet, agar tetap fit. Oleh karena itu, para atlet membutuhkan makanan yang tinggi akan serat, seperti buah dan sayur. Rekomendasi buah dan sayur yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah bayam, pisang, ceri, semangka, jeruk, dan lainnya.
 
4. Makanan yang Mengandung Lemak
Agar tetap berenergi, para atlet juga membutuhkan lemak, lho! Lemak dapat menjadi sumber energi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Asupan lemak yang dianjurkan adalah 20-35% dari makanan yang dikonsumsi. Lemak yang dipilih pun tidak bisa sembarangan, agar tidak mengganggu performa tubuh. Contoh lemak yang dapat dikonsumsi adalah susu rendah lemak, alpukat, ikan yang mengandung omega 3 dan kacang-kacangan.
                                                                                                                                  
Nah, itu dia beberapa kandungan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para atlet nih, girls!
 
Editor: Maharani Legita – Foto: www.pexels.com
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia , #HealthyLife

polling

Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsi Para Atlet, Lho!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!