Manfaat Sarapan dengan Pisang

by : Christine Natalia
Posted : September 19, 2016
Kalau kita terbiasa sarapan dengan menu yang cukup berat seperti nasi goreng, nasi uduk atau bubur ayam, coba deh, ganti menu sarapan dengan pisang. Selain pisang bermanfaat buat kecantikan, pisang punya banyak manfaat buat kesehatan, lho.
 
1. Menjaga Kesehatan Jantung
Satu pisang mengandung 467 miligram kalium yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin, kita dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti stroke dan aterosklerosis.
 
2. Menenangkan Perut
Kalau kita sering bangun pagi dengan kondisi perut yang nggak enak seperti kembung atau mulas, pisang bisa jadi solusinya. Pisang memiliki sifat antacid yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan mulas. Pisang juga mengandung pektin, yaitu serat larut yang dapat menyembuhkan sembelit.
 
3. Rendah Kalori
Kalau takut berat badan terus bertambah karena sarapan, coba deh, sarapan dengan pisang. Satu buah pisang hanya mengandung sekitar 100 kalori sehingga nggak berdampak dalam pertambahan berat badan kita. Pisang juga mengandung banyak serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama dibanding makanan lainnya.
 
4. Meningkatkan Konsentrasi
Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Inggris, pelajar yang mengonsumsi pisang setiap harinya mempunyai daya konsentrasi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang terdapat dalam pisang. Selain itu, vitamin B6, D, C dan serat serta mangan di dalam pisang dapat menstimulasi aktivitas kerja sistem saraf. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.pixabay.com