Nabung,Yuk!

by :
Posted : December 19, 2009
Kenapa yah kita susah banget buat nabung? Apa iya uang jajan kita yang kurang banyak? Atau jangan-jangan kita saja yang agak boros? Padahal kan menabung itu penting banget buat masa depan kita. Well, sebenarnya menabung itu gampang banget kok! Begitu kita tahu trik-triknya, kita pasti bisa menyisihkan banyak dari uang jajan kita.
  • Tentukan jumlahnya. Pastikan dulu jumlah uang yang mau kita tabung setiap minggu atau bulannya. Dengan begitu, kemungkinan kita menabung jauh lebih besar karena kita sudah sadar kita harus menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Idealnya, kita harus menabung 10 persen dari uang jajan kita.
  • Di awal bukan di akhir. Biasakan menyisihkan dulu uang yang ingin kita tabung di awal alias pada saat kita menerima uang jajan kita. Soalnya kalau kita menunggu sisa uang jajan kita untuk ditabung, sampai kapan pun kita nggak akan menabung.
  • Simpan di tempat “sulit”. Kalau menabung di celengan atau di dalam amplop di kamar kita, kita bisa dengan gampangnya mengambil uang itu. Tapi, kalau kita menabung uang kita di bank kita jadi jauh lebih sulit untuk mengambil uang itu.
    (Marissa, Foto: Dok. Istimewa)