Nggak Bisa Lepas

by :
Posted : February 6, 2010
Kamu atau adik kamu punya satu benda kesayangan yang sudah seperti jimat dan sangat tergantung dengan keberadaannya?  Misalnya adik yang cuma bisa tidur sama bantal dekil-nya. Kenapa bisa begitu ya?

Ikatan Saat Kecil
Terikat sama selimut, bantal, boneka, atau benda kesayangan apapun diawali sejak kita masih balita, tepatnya usia 1- 4 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, kita sedang dalam proses belajar mandiri. Mulai jalan, tidur, sampai main pun sendiri. Padahal ,saat itu kita sudah terbiasa nyaman kalau melakukan apapun bareng ortu. Lalu, secara naluriah kita pun mencari pengganti sosok ortu itu. Sosok tersebut bisa berbentuk selimut yang memang menghangatkan, atau bantal yang empuk dan bikin tidur nyenyak.

Terlalu Terikat = Sakit
Namun bagaimana kalau kita sudah terlalu terikat bahkan sampai menimbulkan masalah (marah, sedih, bete, dll) saat harus berjauhan dengan benda-benda tersebut? Menurut Winarini, reaksi-reaksi itu terjadi karena ikatan tersebut nggak bisa diganti dengan tokoh lain. Disitulah letak bahayanya. “Semakin dewasa, harusnya jaringan ikatan kita berkembang. Misalnya muncul ikatan lebih kuat terhadap teman, pacar atau sekolah. Kalau hingga besar seseorang masih belum bisa lepas dari benda tersebut, berarti ikatannya nggak berkembang.” Gawatnya nih, karena objek kecanduannya cuma selimut butut, ortu juga nggak bakalan tega untuk ngomelin kita. Dan akan tambah gawat lagi kalau sampai ikatan tersebut mempengaruhi hidup kita jadi nggak normal.

Terapi Diri Sendiri
Kalau sudah sampai tahap kronis, kita harus ikut terapi untuk mengubah pemikiran-pemikiran yang keliru. Kunci suksesnya, terapi ini harus datang dari diri sendiri. Cara lain yang bisa kita coba adalah dengan berempati. Misalnya, kita sudah janji ke mal  sama sobat, terus kita batalkan hanya karena bete dengan si Mbok yang mencuci selimut kesayangan hingga bau khasnya hilang. Coba deh, bayangkan perasaan sobat saat itu. Dia sudah menyiapkan waktu, tenaga, bahkan harapan untuk have fun, tapi semua harus pupus cuma karena selimut dicuci? Jangan sampai persahabatan yang dibangun dengan susah payah jadi hancur gara-gara masalah sepele, dong. Apakah selimut bisa menggantikan posisi sobat yang bisa memberi saran atas curhatan kita? Ayo, kita mulai berpikir rasional. Selamat berjuang! (Faradita)
 

polling

Nggak Bisa Lepas

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!