Penting Nggak Ya, Mengonsumi Multivitamin Saat Puasa?

by : Novika Dyah P.
Posted : May 26, 2018
Puasa kadang membuat sebagian orang menjadi lemas dan mengantuk di siang hari, hingga  akhirnya menjadikan multivitamin sebagai salah satu pilihan untuk membuat lebih kuat dalam berpuasa. Tetapi benar nggak sih, multivitamin benar-benar bisa membantu kita dalam berpuasa?

Rachel Olsen, ahli nutrisi dari YOUVIT, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa sahur merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang energi yang diperlukan selama aktivitas puasa. Oleh karena itu, asupan selama sahur harus diperhatikan, baik jenis maupun kuantitasnya.

Menurut perempuan lulusan Metropolitan University of Denmark ini, makanan sahur sebaiknya memenuhi paling nggak kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. “Kalau bisa, sumber karbohidrat, sayur, dan buah yang kita makan mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi bisa membantu untuk menyimpan energi lebih lama saat berpuasa. Selain itu, serat juga membantu meningkatkan bakteri baik dalam lambung kita. Jadi, penyerapan vitamin dan mineral bisa lebih optimal,” ujarnya.

Sebagai tambahan, Rachel menjelaskan bahwa sebaiknya memilih protein yang rendah lemak. Dia juga menambahkan untuk nggak menggoreng segala jenis makanan, termasuk yang mengandung protein tinggi . Karena proses penggorengan bisa meningkatkan potensi lemak jenuh yang nantinya akan susah untuk dicerna oleh lambung dan nggak baik untuk tubuh.

Terus, bagaimana peran multivitamin untuk orang yang berpuasa? Rachel mengatakan bahwa terkadang tiap orang nggak selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya secara seimbang dari makanan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi multivitamin setiap hari, terlebih di bulan puasa.

“Kalau tubuh kekurangan vitamin dan mineral, bisa mengakibatkan tubuh kita cepat lelah, lemas dan tidak berenergi. Makanya, sebaiknya kita selalu menjaga kondisi tubuh dengan minum multivitamin, supaya tetap fit beraktivitas saat berpuasa,” tuturnya.

Nah, salah satu pilihan multivitamin yang bisa kamu konsumsi adalah YOUVIT, yang mengandung beberapa vitamin, seperti A, D, dan E. Selain itu, YOUVIT juga mengandung vitamin B kompleks yang berguna untuk mengoptimalkan energi yang didapatkan dari makanan sahur.

Kandungan mineralnya juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga tubuh nggak gampang lelah dan lemas. Jadi, agar kita tetap aktif selama berpuasa, sebaiknya mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang saat sahur dan juga melengkapinya dengan multivitamin.

Jangan lupa ya, waktu yang disarankan untuk mengonsumsi multivitamin saat berpuasa adalah ketika setelah berbuka atau sahur selama Ramadan.

Editor: Ria Juwita - Foto: www.pixabay.com, Dok. YOUVIT

Baca juga:

Topic

#HidupSehat