Penyakit Mematikan dari Hewan

by : Maharani Legita
Posted : September 6, 2015
Selain dari tumbuhan, sumber utama makanan kita adalah hewan. Sayangnya, hewan-hewan yang biasa kita konsumsi bisa menyebarkan penyakit berbahaya. Beberapa penyakit yang berasal dari hewan bahkan sangat mematikan dan luas penyebarannya, seperti penyakit yang sempat bikin heboh berikut ini.
 
Avian Influenza (Flu Burung)
Unggas seperti ayam, bebek, dan burung adalah hewan yang kita pelihara dan sering kita makan. Tapi, sebaiknya hati-hati dalam memelihara atau memasak unggas karena hewan ini bisa menyebarkan penyakit Avian Influenza atau lebih beken disebut flu burung.
 
Pada tahun 2003, penyakit  yang disebabkan oleh virus H5N1 ini sempat heboh di seluruh dunia. Berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia terkena penyebaran penyakit flu burung. Akibat migrasi unggas dan import-eksport bahan makanan, penyakit ini menyebar hingga  ke Timur Tengah, Eropa dan Afrika.
 
Penularan penyakit ini bisa melalui feses, cairan, liur dan darah unggas. Makanya, para penderita kebanyakan orang yang berhubungan langsung dengan unggas. Gejala flu burung adalah nyeri otot, demam, batuk dan hidung berlendir, sakit kepala, diare, sesak napas hingga mimisan.
           
Sejak tahun 2003 hingga tahun 2013, data WHO (World Health Organization) menyebutkan kalau ada 630 orang yang terjangkit penyakit ini dan menewaskan 375 orang. Di Indonesia sendiri, terakhir kali ada kasus flu burung sekitar bulan Maret 2015. Bapak dan anak berasal dari Tangerang meninggal dunia setelah terserang penyakit ini.
 
Anthrax
Penyakit menular satu ini disebabkan oleh bakteri Bacillus Anthracis. Hewan yang menyebarkan penyakit ini adalah hewan ternak seperti sapi, domba, kambing dan babi. Biasanya, penyakit bisa menular ke manusia lewat kulit, kotoran, darah dan juga daging. Makanya, jika kita memakan daging hewan yang terkena penyakit ini, kemungkinan besar akan tertular.
 
Parahnya, penyakit ini ada di seluruh dunia. Terutama di negara-negara yang belum secara tegas memperhatikan kesehatan hewan ternak. Gejala penyakit Anthrax tergantung dari tipenya, tapi bisa terlihat dari kulit yang gatal sampai terjadi pembengkakan kelenjar, sakit perut hingga muntah, demam dan radang otak.
 
Untuk pencegahan penyakit ini, para peternak harus selalu menjaga kebersihan peternakannya. Selain itu, selalu memakan daging yang telah dimasak sempurna sehingga bebas bakteri. Sedangkan pengobatan untuk penyakit ini, biasanya penderita diberikan antibiotik yang bisa membunuh bakteri. Semakin cepat penyakit ini dideteksi, kemungkinan penderitanya sembuh juga semakin besar. Editor: Dian Nurlizta – Foto:  Fotosearch
 

polling

Penyakit Mematikan dari Hewan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!