Pomodoro Technique, Teknik Belajar Efektif untuk Kamu yang Suka Menunda-nunda

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 18, 2020
Wah, sebentar lagi masa-masa ujian akan datang, nih! Belajar dari sekarang atau nggak, ya? Eitss… Selagi ada waktu untuk mempersiapkan diri, kamu sebaiknya mencicil materi pelajaran yang akan diujiankan, girls! Biar proses belajarmu semakin efektif, kamu bisa mencoba Pomodoro Technique. 
 
Teknik ini pertama sekali dicetuskan pada tahun 1980 oleh seorang pemilik perusahaan konsultan bernama Francesco Cirillo. Ia yang saat itu tengah duduk di bangku perkuliahan menyadari bahwa ia seharusnya menyelesaikan tugas dengan cara kerja yang lebih cerdas, bukannya lebih keras. 
 
Melalui keinginannya tersebut, Francesco mulai menggunakan tomato timer, di mana ia melacak waktu yang ia gunakan selama mengerjakan tugas, lalu memberikan penghargaan berupa break time untuk dirinya sendiri. Teknik inilah yang kemudian lebih dikenal sebagai Pomodoro Technique (‘pomodoro’ berarti tomat dalam bahasa Italia).
 
Kalau kamu merasa cara belajarmu selama ini kurang efektif dan membuatmu keteteran, ada baiknya kamu mencoba Pomodoro Technique. Kamu bisa memulai dengan memperhatikan 6 keyconcept dari teknik ini.
 
Pertama, susunlah to-do list dari kegiatan atau tugas yang akan kamu jalankan di masa yang akan datang. Biar nggak bingung, kamu bisa memilih satu poin di antara list tersebut.
 
Kedua, siapkan timer-mu. Kamu hanya perlu mempersiapkan waktu selama 25 menit pada timer-mu sebagai acuan dalam mengerjakan tugas yang sudah kamu pilih di awal.
 
Ketiga, mulailah bekerja. Lakukanlah tugasmu secara santai sampai dengan timer berdering. Nggak perlu terburu-buru, ya, girls!
 
Keempat, beri checklist pada tugas yang sudah kamu lakukan. Kalau kamu belum benar-benar menyelesaikan tugas tersebut, kamu bisa memberikan keterangan ‘on progress’, kok!
 
Kelima, beri waktu bagi dirimu untuk beristirahat setidaknya selama 5 menit. Nah, poin yang satu ini merupakan bagian terpenting dari Pomodoro Technique! Nggak melulu harus memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas secara cepat, kamu dapat memberikan jeda bagi pikiranmu untuk rileks sejenak. 
 
Lastly, kamu bisa mengulangi langkah-langkah tersebut sampai kamu menyelesaikan seluruh tugas yang ada pada to-do list. Ingatlah untuk mengambil waktu istirahat yang lebih lama saat kamu telah mengulangi Pomodoro Technique selama 4 kali. 
 
Cara ini ampuh banget untuk kamu yang sering merasa stress akan tugas yang terkesan menumpuk dan banyak. Padahal, kalau kamu lebih bijak lagi dalam menyusun priority list, kamu bisa mengerjakan tugasmu satu per satu dengan hasil yang maksimal, kok! 
 
So, apakah kamu tertarik untuk mengubah kebiasaan menunda dengan Pomodoro Technique?
 
Editor: Ria Juwita - Foto:www.sketchplanations.comwww.dialoguemos.ec,  www.abc.com.py
 
Baca juga:

Topic

#LifeHacks , #SchoolLife

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!