Sejarah Kembang Api

by :
Posted : December 30, 2014

Nggak lengkap rasanya kalau merayakan tahun baru tanpa letupan kembang api yang meriah. Apalagi, semakin banyak bentuk dan warna kembang api yang kita nikmati keindahannya di detik pergantian tahun. Tapi, tahu nggak sih, dibalik keindahannya, ada cerita unik dari sejarah kembang api.

Ternyata, kembang api ditemukan secara nggak sengaja di sebuah dapur seorang koki di Cina pada abad ke-7. Saat itu, sang koki nggak sengaja mencampur tiga bahan kimia dalam sebuah bambu. Nggak lama kemudian, terdengar bunyi ledakan dari bambu tersebut. Nah, dari sinilah awal mula terciptanya petasan, yang merupakan awal mula terbentuknya kembang api.

Meski asal-usul kembang api ditemukan di Cina, produksi kembang api justru berkembang di wilayah Eropa. Rupanya, Marcopolo membawa bahan dasar kembang api dari Cina ketika kembali ke Eropa. Di Eropa, bahan yang kini dikenal sebagai bubuk mesiu ini awalnya digunakan sebagai bahan peledak untuk peralatan perang. Namun, seorang pria bernama Roger Bacon menemukan kalau bahan peledak ini akan menghasilkan cahaya yang indah kalau dicampur dengan takaran yang pas. Takaran yang dibuat oleh Roger Bacon inilah yang digunakan sebagai rasio dasar pembuatan kembang api hingga beratus tahun setelahnya.

Perkembangan kembang api semakin pesat saat orang-orang Italia menemukan sisi artsy dari penciptaan kembang api. Mereka lah yang akhirnya menciptakan berbagai pola dan warna kembang api seperti fountain fireworks. Mereka juga menemukan berbagai bahan kimia lainnya untuk menghasilkan warna-warna seperti kuning dan oranye. Baru pada abad ke-19, para ahli pyrotechnic (orang yang ahli dalam seni pembuatan kembang api), menemukan bahan-bahan lainnya untuk menciptakan warna merah, hijau dan biru untuk kembang api yang kita lihat sekarang.

Penggunaan kembang api di berbagai acara perayaan pun berkembang baik di Eropa dan Asia, terutama Cina. Nggak hanya saat perayaan tahun baru, kembang api juga menghiasi langit saat berbagai festival berlangsung. Lizta – Foto: Dok. FeminaGroup


polling

Sejarah Kembang Api

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!