Siap-Siap Lihat Super Blue-Bloodmoon di 31 Januari 2018 Ini!

by : Indah Khaerani
Posted : January 31, 2018
Pasang alarm kamu secepatnya, karena hari ini, 31 Januari 2018 bakalan ada tiga momen seru yang nggak bisa kamu lewatkan! Gerhana Bulan, Blue Moon, dan Super Moon bakal bisa kamu nikmatin di Indonesia, lho!
 
Nanti malam, tanggal 31 Januari 2018 bakalan ada kejadian langka, yaitu munculnya Super Blue Moon. Super Blue Moon merupakan fenomena Blue Moon, Super Moon, dan Gerhana Bulan Total yang terjadi di waktu yang bersamaan. Keren, kan?
 
Blue Moon atau yang sering disebut dengan Blood Moon merupakan sebutan untuk fenomena Bulan Purnama yang terjadi kedua kalinya dalam sebulan. Pada 31 Januari 2018 ini, bakalan terjadi Gerhana Bulan Total juga.
 
NASA bilang bahwa fenomena yang akan terjadi hari ini sebagai super blue blood moon. Itu karena pada saat gerhana bulan total nanti dan bulan ada di bayangan bumi, akan muncul warna kemerahan yang juga dikenal sebagai blood moon.
 
Blue Moon secara teknis menjadi Super Moon karena akan mengorbit lebih dekat dengan bumi nggak seperti biasanya. Oleh karena itu Super Moon ini bakal 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya, menurut space.com.
 
Kejadian ini langka banget lho, karena fenomena ini terjadi 152 tahun yang lalu, yaitu pada 31 Maret 1866!
 
Tapi sayangnya, nggak semua orang di dunia ini bisa melihat kejadian langka ini. Kejadian langka ini bakal bagus banget kalau dilihat dari daerah barat.  "Kalau kamu tinggal di Amerika Utara, Alaska, atau Hawaii, gerhana bakal terlihat sebelum matahari bersinar pada 31 Januari," NASA mengatakan di official release-nya.
 
Kamu bisa menggunakan interactive maps buat mengetahui apakah kamu bisa melihat fenomena ini di kotamu. Kalau ternyata kota kamu nggak bisa melihat fenomena langka ini, kamu bisa melihatnya secara live di website  NASA atau Virtual Telescope Project, ya!
 
Kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa melihat gerhana tersebut, lho! Menurut BMKG, fenomena Super Blue Moon ini bakal berlangsung selama 4 jam, dimulai sekitar pukul 17.50 WIB, dan puncak gerhana diprediksi pada pukul 20.30 WIB.
 
Jangan sampai kelewatan fenomena langka ini, ya!
 
Editor: Ria Juwita - Foto: NASA, popsugar.com
 
Baca Juga:
-

Topic

#trivia