Simulasi Pemilu untuk Para Perempuan

by : Syifa S. Nurfitri
Posted : April 13, 2019
Koalisi Perempuan Indonesia dan Migrant Care bekerja sama menyelenggarakan Simulasi Pemilu untuk para perempuan dan penyandang disabilitas. Acara yang bernama Perempuan Memilih ini memberikan simulasi kepada para perempuan bagaimana cara memilih suara yang sah.
 
Nah, untuk teman-teman yang sudah berumur 17 tahun ke atas, dapat kesempatan nih, untuk memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 pada 17 April 2019.
 
Untuk menyosialisasikan tata cara pemilihan, pada tanggal 6 April 2019, Koalisi Perempuan Indonesia dan Migrant Care menyelenggarakan simulasi dalam rangka memberikan informasi yang jelas tentang Pemilu 2019 kepada perempuan dan perempuan disabilitas.
 
Bukan hanya memilih Presiden saja, kita juga akan diberikan 5 kertas suara lainnya untuk memilih. Apa saja kertas suara itu?
 
Kita akan diberikan 5 kertas suara dan masing-masing suara memiliki warna yang berbeda. Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, DPRD Kabupaten/Kota berwarna hijau, DPRD Provinsi berwarna biru, DPD RI berwarna merah, dan DPR RI berwarna kuning.
 
Untuk warga Jakarta hanya akan diberikan 4 kertas suara, yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, serta DPRD dan DPD.
 
Koalisi Perempuan Indonesia dan Migrant Care mengajak seluruh perempuan untuk menggunakan hak suaranya karena suara tersebut akan menentukan masa depan bangsa dan akan mendukung kesetaraan gender.
 
Sebagai wujud kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, perempuan wajib nih, memilih pilihannya saat Pemilu 2019 nanti.
 
“Kerumitan dan luasnya cakupan Pemilu 2019 serta kurangnya akses informasi bagi perempuan berpotensi menimbulkan tidak sahnya suara. Untuk itu, kami menggerakkan seluruh komunitas perempuan untuk bersama-sama mengawal dan terlibat dalam Pemilu yang akan menentukan masa depan Indonesia,” ujar Sutriyatmi, Deputi Sekretaris Jenderal Bidang Program Koalisi Perempuan Indonesia.
 
Acara Perempuan Memilih ini dihadiri oleh 500 perempuan dari berbagai komunitas. Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan perempuan tentang Pemilu 2019 serta mendorong perempuan untuk menggunakan hak pilihnya.
 
Na, saat Pemilu 2019 nanti, jangan lupa untuk membawa Kartu Identitas kalian, ya! Pastikan juga nama kalian sudah terdaftar di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Jangan lupa untuk kalian yang sudah terdaftar, jam memilihnya mulai dari jam 07.00 – 13.00 waktu setempat.
 
Saat memilih, pastikan kertas suara yang kalian dapatkan tidak cacat atau rusak. Pastikan juga kalian memilih calon yang sesuai dengan hati kalian. Setelah itu, kalian bisa deh, masukkan ke box atau kotak suara yang telah disediakan.
 
Jadi, jangan golput ya, teman-teman! Suaramu akan menentukan Indonesia di masa depan.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Migrant Care, Syifa S. Nurfitri
 
Baca Juga:

Topic

#eventupdate , #politikituseru

polling

Simulasi Pemilu untuk Para Perempuan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.