Snack Peninggalan Negeri Tulip

by :
Posted : December 4, 2010

Sempat menjajah negara kita selama 3,5 abad, nggak heran kalau kebudayaan Belanda yang dibawa ke sini masih banyak yang tersisa. Salah satunya adalah snack atau makanan ringan. Cobain satu per satu yuk, snack apa saja yang diwariskan dari negeri oranye ini.

Kroket (Kroketten)
Kroket asli Belanda ini bentuknya lonjong seperti risol. Walaupun diperkenalkan sama orang Belanda, kroket sebenarnya berasal dari makanan Perancis yaitu croquette. Pas banget dengan asal katanya dalam bahasa Perancis croquer yang berarti "menghancurkan", kroket terdiri dari kentang tumbuk yang diisi daging dan sayuran, lalu digoreng. Variasi yang dilakukan orang Belanda pada kroket adalah pemakaian daging cincang yang sebenarnya potongan daging sisa ketika memasak, dan tepung roti yang digunakan untuk melumuri kroket. Saking populernya, di Belanda kroket bahkan dijual di restoran cepat saji, McDonalds.

Poffertjes
Terbuat dari adonan tepung, telur, susu dan baking powder, poffertjes memang sekilas hampir sama dengan pancake, tapi teksturnya agak ringan dan kenyal. Kita perlu membeli cetakan atau wajan teflon khusus untuk membuat poffertjes. Biasanya snack yang berbentuk seperti kepingan uang logam ini dimakan dengan taburan gula halus, mentega, atau es krim di atasnya. Di Belanda, biasanya penjual poffertjes banyak bermunculan pada musim dingin dan berjualan di gerobak.

Bitterballen
Hampir sama seperti kroket, snack yang satu ini juga terbuat dari kentang tumbuk berisi daging cincang lalu digoreng. Bitterballen nggak cuma berisi daging saja, tapi juga dicampur dengan keju leleh. Sesuai namanya yang berarti bola-bola pahit, snack ini juga berbentuk bola-bola berukuran kecil, yang bisa kita santap dalam satu suapan. Bitterballen biasanya disajikan bersama sepiring kecil mustard sebagai celupan.

Stroopwafel
Stroopwafel atau yang dalam bahasa Belanda berarti wafel sirup ini, memang nggak sama dengan wafel yang kita kenal. Soalnya wafel yang ini justru lebih menyerupai biskuit. Snack yang berasal dari daerah Gouda di Belanda ini, dibuat dengan cara memasukkan sirup ke dalam wafel yang hampir matang. Sekarang kita bisa melihat stroopwafel ini dijual di beberapa coffee shop di Indonesia juga.
Marissa - Foto: Istimewa


polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!