Sosok Katsuko Saruhashi, Geokimiawan Asal Jepang Dalam Google Doodle Hari Ini

by : Novika Dyah P.
Posted : March 22, 2018
Bagi Katsuko Saruhashi, sains dan teknologi bukan hanya pekerjaan untuk laki-laki. Lewat kontribusinya terhadap dunia ilmu pengetahuan, Google Doodle memberikan penghormatan untuknya lewat sebuah ilustrasi. Yuk, kenali lebih jauh ahli geokimia asal Jepang tersebut!
 
Rasa ingin tahu Katsuko Saruhashi yang sangat tinggi telah muncul sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Hal kecil seperti tetesan air hujan di kaca jendela pun bisa menimbulkan pertanyaan baginya. Perjalanannya untuk mendapatkan jawaban membawanya menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam bidang kimia dari Universitas Tokyo pada tahun 1957.
 
Saruhashi terkenal karena penelitiannya yang inovatif sebagai seorang geokimiawan. Dia adalah orang pertama yang secara akurat mengukur konsentrasi asam karbonat dalam air berdasarkan suhu, tingkat pH dan klorinitas, yang dinamakan 'Saruhashi's Table'.
 
Metodologi yang ditemukan Katsuko Saruhashi terbukti sangat berharga bagi para ahli kelautan. Diantara semua daftar prestasinya yang tak terhingga, satu yang paling menakjubkan adalah saat ia mengembangkan teknik untuk mengukur kejatuhan radioaktif nuklir yang melintas di samudera. Atas hal itulah Saruhashi berhasil membuat pembatasan eksperimen nuklir di samudera pada tahun 1963.
 
Dalam 35 tahun karirnya, Katsuko Saruhashi adalah wanita pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Jepang pada tahun 1980, serta wanita pertama yang mendapat penghargaan Miyake Prize untuk geokimia pada tahun 1985.
 
Katsuko Saruhashi sangat berkomitmen dan mendorong banyak wanita muda lain untuk mempelajari sains. Ia mendirikan Saruhashi Prize pada tahun 1981 yang mengakui bahwa ilmuwan wanita bisa terlibat dalam penelitian yang berbeda dalam sains.
 
"Ada banyak wanita yang memiliki kemampuan untuk menjadi ilmuwan hebat,” ungkap Saruhashi. "Saya ingin melihat hari dimana wanita dapat berkontribusi pada sains & teknologi dan berada pada pijakan yang sama (setara) dengan pria."
 
Saat  Saruhashi pensiun pada tahun 1980, koleganya memberikan ¥ 5 juta (sekitar Rp.650 juta) untuk Katsuko Saruhashi, yang mana ia gunakan untuk membentuk asosiasi untuk para ilmuwan wanita di masa depan. Penghargaan tersebut pun telah diberikan kepada ilmuwan wanita Jepang yang bekerja di bidang sains setiap tahun.
 
Selamat ulang tahun yang ke-98. Katsuko Saruhashi!

Editor: Leoni Sihombing - Foto: google.co.id

 
Baca juga:
 

Topic

#VIP , #GoogleDoodle

polling

Sosok Katsuko Saruhashi, Geokimiawan Asal Jepang Dalam Google Doodle Hari Ini

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.