St. Pancras, Stasiun Terindah di Dunia

by :
Posted : June 15, 2014

Melihat bangunan yang satu ini pasti akan berhenti berkedip. Kita akan merasa berada di zaman kerajaan Eropa masa lalu. Nggak sangka kalau bangunan berarsitektur indah tersebut adalah sebuah stasiun kereta api di London, Inggris. Namanya Stasiun St. Pancras.

Stasiun ini awalnya dibangun oleh perusahaan kereta api, Midland Railway untuk melayani penumpang ke Kota London. Pembuatannya dimulai sejak tahun 1863 oleh arsitek, William Henry Barlow. Pembangunannya sulit dan memerlukan penuh banyak biaya.Ini disebabkan desain arsitekturnya bergaya Victorian Gothic yang megah.  Nggak heran kalalau bangunan stasiun tersebut baru dapat diselesaikan lima tahun kemudian.

Ketika pertama kali diresmikan, Stasiun St. Pancras merupakan bangunan dengan struktur satu atap terluas di dunia.  Atap yang luas tersebut disangga oleh sejumlah lengkungan agar tidak mengganggu ruangan di bawahnya.Bagian atap tersebut juga menambahkan suasana megah di dalam stasiun. Sampai-sampai masyarakat menjulukinya sebagai cathedral of the railways.

Nggak cuma sebagai stasiun, St. Pancras juga jadi tempat menginap. Pada tahun 1868, George Gilbert Scott membangun Midland Grand Hotel di kompleks stasiun. Hotel tersebut resmi dibuka untuk umum pada 1873. Sayangnya, nggak berlangsung lama. Pada 1935, hotel tersebut ditutup dan dipergunakan untuk perkantoran. Stasiun St. Pancras juga sempat terkena bom di tengah-tengah Perang Dunia II dan terancam ditutup pada 1948. Katanya, ini disebabkan stasiun tersebut punya fungsi yang sama dengan British Railways. Bangunan bersejarah ini pun terbengkalai. Bahkan, hampir dihancurkan pada 1960-an.Penghancuran ini ditentang keras oleh kampanye penyelamatan John Betjeman.

Untungnya, usaha keras John berbuah hasil. Stasiun St. Pancras mendapat dana sekitar £800 juta untuk renovasi besar-besaran. Rekonstruksi tersebut dilakukan oleh Alistair Lanzley. Arsitek ini ingin gaya Victorian Gothic dipertahankan tapi juga mencampur gaya modern dalam St. Pancras. Pada 2007, stasiun indah tersebut kembali beroperasi dengan Eurostar sebagai kereta utama. Menyusul pembukaan hotel Midland Grand Hotel pada 2011.

Jasa John Betjeman sebagai penyelamat St. Pancras diabadikan dalam patung perunggu setinggi 9 meter. Nama patung tersebung The Meeting Place. Saat ini, Stasiun St. Pancras menjadi salah satu kebanggan Kota London. Ayu – Foto: www.stpancras.com


  • polling

    World Food Day - 16 Oktober

    Paling suka makan makanan dari negara...

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!