STHANA, Pameran Seni yang Mengusung Budaya Lokal

by : Novika Dyah P.
Posted : May 20, 2018
Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM), Falkultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Tarumanagara baru saja mengadakan kegiatan pameran seni dengan tema STHANA, yang berlangsung pada tanggal 11-12 Mei 2018,  di Jakarta Creative Hub. Yuk, lihat apa aja hal seru yang terjadi di STHANA!

Setiap tahunnya, BEM FSRD Universitas Tarumanegara mengadakan pameran seni yang bernama RUPAREKA. Nah, tahun ini tema yang diusung adalah STHANA, yang dalam bahasa sansekerta berarti makna lokal. Tema ini dipilih karena mereka ingin membangkitkan semangat lokal yang ada di dalam diri masyarakat Indonesia.  

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan memberikan wadah tampung kreativitas kepada mahasiswa, pelajar, hingga masyarakat umum, dengan cara berpartisipasi dalam pameran seni STHANA. Selain itu, ada juga talkshow, workshop, dan bazaar art yang memberikan kita banyak pengetahuan dan informasi soal bidang seni dan desain.

Di hari pertama STHANA, ada workshop fotografi makanan yang dibawakan oleh captainruby, yang mengajarkan soal aspek-aspek penting dalam memotret makanan. Mulai dari sense (rasa), kualitas cahaya, angle kamera, hingga food styling. Selain itu, ada juga talk show bersama Chairul Amal (Ketua HDII - Himpunan Desainer Interior Indonesia - Jakarta), yang membahas mengenai perspektif desainer dan pengaruh budaya terhadap profesi mereka.

Di hari kedua, ada kemasacil yang memberikan ilmu seputar desain karakter dasar, hingga cara mendesain karakter menjadi pameran. Selain itu, ada juga workshop ilustrasi pembuatan pola dengan popomangun.png, yang membahas mengenai cara mencampur warna menjadi pola yang menakjubkan.

Nggak ketinggalan talk show keren bersama Ismiaji Cahyono (Kepala Biro DGI – Desain Grafis Indonesia), Wanara Studio, dan Bahari CK (Direktur Kreatif GO-JEK). Mereka membahas mengenai pengaruh budaya sebagai insipirasi dalam berkarya, hingga pentingnya memasukkan unsur budaya ke sebuah desain.

Sebagai penutup, ada music performance dari Cindercella dan Ben Sihombing di penghujung acara, serta launching majalah ArtMAX vol.12 yang merupakan majalah tahunan produksi FSRD UNTAR, yang membahas Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior.

Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. BEM FSRD UNTAR

Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

STHANA, Pameran Seni yang Mengusung Budaya Lokal

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!