Tiramisu

by :
Posted : July 20, 2010

Kalau lagi nongkrong-nongkrong di cafe, kue paling populer dari Italia ini memang cocok banget jadi teman ngemil kita. Tapi, dari mana sih asalnya bisa tercipta kue yang memakai espresso (alias kopi hitam) ini?

Angkat Aku!
Nama unik kue ini sebenarnya berasal dari kata tirami su yang dalam bahasa Italia berarti “angkat aku”. Kenapa sih nama itu yang dipakai? Soalnya begitu kita makan kue ini, kita bakal merasa seperti “terangkat” alias terkaget-kaget dengan banyaknya kandungan kafein yang ada di kue ini. Maklum, tiramisu dibuat dengan cara merendam biskuit Savoiardi di dalam kopi hitam dan keju mascorne, yang kemudian disusun dan dilapisi krim kocok. Karena efek kopi yang sangat menyengat itulah nama tiramisu dipakai.

Kue Baru
Walaupun sangat populer saat ini, ternyata tiramisu termasuk pendatang baru di dunia kuliner. Pasalnya, sebelum tahun 1980-an, tiramisu nggak pernah disebut-sebut dalam buku kuliner mana pun. Ada beberapa versi cerita yang masih diperdebatkan tentang asal usul kue ini.

Menurut sebagian orang, hidangan pencuci mulut yang hampir sama dibuat oleh beberapa tukang kue di kota Siena,Tuscany untuk menghormati kunjungan Cosimo III (penguasa Tuscany) ke kota itu sekitar tahun 1700-an. Sebagian orang bilang, kue ini dibuat oleh seorang tukang kue Roberto Linguanotto di kota Treviso. Satu hal yang pasti, kue yang terasa ringan dan lembut di lidah ini awalnya berbentuk bundar dan nggak memakai rum atau minuman beralkohol lainnya. 
(Marissa/ Istimewa)