Transportasi Umum di Jakarta Raih Penghargaan Tingkat Internasional

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 20, 2020
Para warga Jakarta sudah sepatutnya turut bangga dengan pencapaian yang diraih oleh kotanya baru-baru ini, nih! Pasalnya, pada tanggal 14 Januari 2020 lalu di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Amerika Serikat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan 'Honorable Mention' pada ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020.
 
Penghargaan yang menjadi bagian dari acara 17th Annual Transforming Transportation Conference tersebut diberikan atas keberhasilan Jakarta dalam mengaplikasikan sistem transportasi berkelanjutan atau bus rapid transit (BRT), yang terwujud melalui TransJakarta
 
Wah, nggak disangka-sangka, ternyata transportasi umum yang telah beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta ini merupakan sistem transportasi BRT pertama di Asia Tenggara dan Selatan, lho! 
 
Menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi kepadatan di kota Jakarta, TransJakarta yang memiliki jalur lintasan terpanjang di dunia dengan panjang 251.2 km dan memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor ini telah sukses meningkatkan persentase jumlah pengguna transportasi umum hingga 200% dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun. 
 
Selain meningkatnya pengguna TransJakarta, Jakarta turut dianggap berhasil dalam mengintegrasikan sistem BRT yang terdiri atas layanan mikrobus (angkot) yang diberi nama Mikrotrans dan penyediaan transportasi berbasis rel pertama (MRTdalam program Jak Lingko.
 
Dengan begitu, warga Jakarta punya lebih banyak pilihan moda transportasi umum yang semakin mempermudah aktivitas sehari-hari, deh!
 
Tidak hanya mempermudah warga Jakarta dalam penyediaan moda transportasi umum, penyediaan fasilitas perkotaan yang memadai juga menjadi alasan lainnya Jakarta dapat masuk ke nominasi STA tahun ini.
 
“Jakarta juga berhasil meningkatkan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan berbagai moda transportasi,” ungkap Sri HaryatiAsisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta.
 
Pemprov DKI Jakarta yang saat itu juga berkesempatan untuk mempresentasikan perkembangan transportasi di Jakarta pada sesi panel 'Transforming Transportation' pada 16 Januari 2020 di lokasi yang sama pun bersanding dengan 12 kota dari berbagai negara di dunia, seperti, Richmond (Amerika Serikat), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia), dan lain-lain.
 
Jakarta pun berhasil masuk ke semi final bersama dengan Pune (India) dan Kigali (Rwanda). Bangga banget, ya!
 
Well, penghargaan yang didapat oleh kota Jakarta ini nggak semata-mata berkat pemerintah dan beberapa pihak swasta, tetapi juga peran masyarakat pengguna transportasi online. Karena itu, jaga terus fasilitas yang telah disediakan bagi kita, ya, girls!
 
Editor: Ria Juwita - Foto:www.transjakarta.co.idwww.mobilkomersial.com 
 
Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!