Uang Elektronik, Menguntungkan atau Merugikan?

by : Tri Puspita
Posted : December 11, 2018
Semakin modern, semakin banyak pula teknologi bermunculan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Sekarang nggak hanya pesan kendaraan yang serba online, bayarnya pun menjadi online, lewat uang elektronik. Kalau kamu salah satu penikmat uang eletronik, yuk, simak beberapa kelebihan dan kekurangan si uang tak terlihat ini.
 
Dengan ponsel pintarmu, kamu dapat melakukan segalanya serba instan, temasuk transaksi keuanganmu. Makin ke sini, semakin banyak pula pilihan aplikasi untuk menyimpan uangmu.
 
Maraknya aplikasi tersebut tentunya disebabkan karena banyaknya pengguna yang mengunduh dan memakai fitur tersebut. Dengan alasan praktis, membuat aplikasi serupa lainnya bermunculan. Ditambah lagi dengan promo yang mereka tawarkan. Jadi, nggak ragu buat nambah satu aplikasi uang elektronik lainnya.
 
Selain praktis dan banyak promo yang ditawarkan, uang elektronik ini pun menjaga uangmu agar tidak tercecer. Juga menjadi penolong bagi si pelupa. Adanya aplikasi ini memangkas waktumu untuk mengantre pembayaran dan penolong bagi kamu yang super sibuk.
 
Namun, dengan segala promo dan kepraktisannya itu, uang elektronik juga memiliki banyak kekurangan. Nggak hanya butuh smartphone-mu, tapi juga butuh sinyal dan baterai yang cukup untuk melakukan transaksi.
 
Selain itu, nggak semua toko pula memakai aplikasi uang elektronik yang sama. Jadinya, kamu harus mengunduh beberapa aplikasi agar dapat menjangkau toko langgananmu. Karena itulah, kamu terpaksa memindahkan isi tabunganmu ke beberapa aplikasi tersebut.
 
Promo yang ditawarkan juga nggak selalu menjadi sisi yang baik buat kamu. Tawaran-tawaran tersebut malah semakin membuatmu ingin menggunakan semua promo yang ada. Contohnya adalah promo gratis ongkos kirim tanpa minimal pembelian. Kamu hanya sadar nominal saat kamu membayar tanpa mengingat sudah berapa banyak yang kamu habiskan hari itu dengan uang elektronikmu.
 
Terakhir, kekurangan dari adanya uang eletronik yaitu mudahnya meretas akun melalui internet. Kamu tahu sendiri kan, bagaimana canggihnya internet? Pastinya kemudahan tersebut juga menolong para penjahat untuk membajak akunmu. Tidak hanya uangmu yang bisa diambil alih, data pribadi dirimu juga bisa ikut terancam.
 
Jadi, bagaimana pendapatmu para pengguna uang elektronik? Lebih banyak membantu atau merugikannya?
 
Aplikasi-aplikasi tersebut memang akan sangat membantu beberapa aspek kegiatanmu, tapi tetap saja jangan terlena dengan segala promo yang ditawarkan, ya! Bijak dalam mengelelola keuangan.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: www.pixabay.com
 
Baca Juga:
Keempat Uang Ini Akan Hilang Pada Awal Tahun 2019
Ini Dia Para Pahlawan Yang Ada di Mata Uang Baru!
Google Doodle Hari Ini Rayakan Studio Musik Elektronik Pertama

Topic

#trivia

polling

Uang Elektronik, Menguntungkan atau Merugikan?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!