Yuk, Cari Tahu Soal Lucid Dream. Kamu Bisa Mengendalikan Mimpi Kamu, lho!

by : Felly Eliza Putri
Posted : September 5, 2018
Kalian tahu nggak soal Lucid Dream? Atau kalian pernah melakukanya? Lucid Dream dream ialah keadaan di mana kamu tertidur dan sadar bahwa kamu sedang bermimpi. Di keadaan ini, kamu bisa mengontrol apa yang kamu ingin lakukan di mimpi itu, lho!
 
Kalau kamu pernah tiba-tiba sadar kalau sedang bermimpi padahal sedang tidur, berarti kamu sedang mengalami lucid dream. Biasanya, lucid dream ini memang terjadi tanpa sengaja. Lucid dream ini membuat mimpi kamu seolah-olah menjadi nyata, bahkan kamu bisa mengendalikan jalannya mimpi kamu.
 
Salah satu film yang mengangkat tema tentang lucid dream ialah Inception (2010), bagaimana tokoh di film itu mengejar penjahat melalui mimpi.
 
Meskipun seringkali tanpa kesengajaan, lucid dream juga bisa dilakukan dengan beberapa metode.
 
Dilansir melalui The Advertiser, ada tiga cara untuk melakukan lucid dream. Pertama, mengecek realita. Kamu memeriksa lingkungan sekitar kamu beberapa kali sehari untuk mengetahui apakah kamu sedang bermimpi atau tidak. Misalnya, dengan menutup mulut dan hidung, lalu menghirup serta mengambil nafas sedalam-dalamnya. Kalau kamu sedang bermimpi, tentu kamu bisa melakukannya, tetapi kalau kamu terbangun, kamu nggak akan bisa melakukannya.
 
Alasan kenapa hal tersebut dapat berhasil karena kebiasaan melakukan hal ini sepanjang hari, sehingga ketika kamu bermimpi, kamu akan menemukan diri kamu melakukan hal yang sama. Teknik ini membuat orang memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan lucid dream.
 
Kedua, bangun dan segera tidur lagi. Sebelum tidur, kamu bisa membuat alarm sekitar 5 jam kemudian. Kemudian, setelah kamu terbangun, segeralah tidur lagi. Teknik ini membantu meningkatkan REM (Rapid Eye Movement) yang bisa meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan mimpi.
 
Ketiga, MILD (Mnemonic Induction of Lucid Dream), di metode ketiga ini, kamu bisa mengucapkan kalimat afirmasi/menguatkan pada diri sendiri seperti “Kalau nanti aku bermimpi, aku akan ingat kalau aku sedang bermimpi,”. Kalimat penguatan ini disebut dengan memori prospektif, yaitu kemampuan untuk mengingat apa yang akan dilakukan nanti.
 
Beberapa terapis dan para ahli memanfaatkan lucid dream ini untuk pengobatan atau terapi, misalnya untuk menyembuhkan trauma dan meningkatkan kepercayaan diri. Karena dalam lucid dream ini, kamu bisa melakukan berbagai hal yang belum bisa kamu lakukan atau mungkin nggak akan kamu lakukan di dunia nyata.
 
Gimana? Apa kamu tertarik untuk mencobanya?
 
Editor: Maharani Legita - Foto: www.pexels.com
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia

polling

Yuk, Cari Tahu Soal Lucid Dream. Kamu Bisa Mengendalikan Mimpi Kamu, lho!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!