Ketua Nyontek

by :
Posted : February 23, 2017
Aku terpilih menjadi ketua kelas. Namaku unggul sebagai suara terbanyak. Perempuan pertama yang terpilih menjadi ketua kelas seantero sekolah. Entah apa yang membuat teman-teman memilihku. Mungkin aku hanyalah tumbal karena mereka yang tidak ingin berpusing ria mengurus kelas. Apapun alasan mereka, jabatan ini adalah penghargaan tertinggi seumur hidupku.
 
Sayangnya jabatan ini tidak bisa menghilangkan kebiasaanku menyontek. Intan adalah teman sebangkuku yang sudah hafal dengan kebiasaanku ini. Bahkan Intan tak pernah capek untuk selalu mengingatkanku.
 
“Nis, hari ini ada ulangan IPA, lho,” tegur Intan was-was.
 
“ Iya, aku udah siap. Siap dengan contekan,” jawabku sambil menyodorkan kertas yang isinya contekan.
 
“Alamakkk, itu contekan atau cerpen. Panjang kayak kereta!!!!” seru Intan melotot sambil membuka kertas contekanku.
 
“Nyesel kita semua udah milih loe jadi ketua kelas. Harusnya loe bisa kasih contoh yang baik buat kita,” celetuk Maria, teman sekelas yang memang sering menyindirku.
 
Aku cuek dan memilih diam. Biarpun teman-teman membicarakanku lewat sindiran pahit, aku tetap bersikap biasa. Mereka tidak tahu alasan kenapa aku selalu menyontek. Jangankan buat belajar, waktu tidur pun aku hanya punya sedikit. Mengingat setiap hari sebelum berangkat sekolah aku harus bangun pagi dan mengerjakan semua pekerjaan rumah. Maklum lah aku tinggal bersama dengan Tante. Nggak bisa seenaknya makan tidur seperti di rumah sendiri. Jadi kertas contekan itu yang selalu menjadi juru penyelamat saat aku tidak sempat menyentuh buku.
 
***
 
Sialnya kali ini aku benar-benar mati kutu. Sebelum ulangan dimulai, Bu Ida memeriksa kantong baju dan saku. Bahkan tas pun harus diangkut ke meja guru.
 
Suasana kelas begitu hening dan mencekam. Kulirik Intan yang sedang anteng mengisi jawaban ulangan dengan mulus dan lancar. Ah, aku juga bisa. Kemudian mendadak timbul semangat. Kubaca satu per satu soal ulangan ini. Untungnya aku masih sempat membaca dan menghafal sedikit saat membuat contekan tadi.
 
Seminggu kemudian, Bu Hermin membagikan hasil ulangan IPA. Aku sudah siap menyambut nilai ulanganku. Pasti nilaiku pasti terjelek dan terendah diantara 40 siswa.
“Ibu tidak percaya dengan hasil ulangan kamu, Selamat ya, Nisa?” tuturnya bikin seisi kelas terdiam.
 
“Betulkah itu, Bu?” sambutku nggak percaya sambil melototi angka 100. Tapi, di dekat angka itu ada sebuah tulisan. Aku memandang Bu Hermin dengan heran.
 
“Bacalah,” perintah Bu Hermin dengan lembut.
 
Aku adalah wanita yang tangguh. Tangguh tanpa Ayah dan Ibu. Tangguh menahan rasa sakit tanpa Ibu di sisiku. Tangguh untuk selalu bersembunyi dalam tirai hujan air mata. Tangguh berdiri di atas kakiku sendiri. Tangguh menahan rasa rinduku pada kalian.
 
Seketika ruangan kelas berubah menjadi melow. Yang terdengar hanya desak isak tangis. Intan pun spontan meremas jari tanganku dengan kuat. Tak terasa air mataku sudah hadir lebih dulu. Aku tidak tahu dari mana Bu Hermin mendapatkan kata-kata yang kubuat itu. Sejak saat itu aku berjanji kepada diriku sendiri untuk tidak pernah menyontek lagi. Aku akan berusaha belajar lebih giat lagi tanpa alasan apapun. Pelukan hangat yang dilayangkan Bu Hermin kepadaku sangat menyentuh. Pelukan yang sudah lama dan takkan pernah lagi kurasakan dari Ibu untuk selamanya.***Annisa Asy Syifa
 

polling

Ketua Nyontek

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!