Alasan Tulus Mengambil Jurusan Arsitektur

by : Ria Juwita
Posted : September 17, 2016
Sebelum memutuskan untuk menjadi penyanyi, Tulus memang diketahui mengambil jurusan Arsitektur di Universitas Parahyangan, Bandung. Meski setelah lulus dan jadi sarjana Arsitektur ia tetap memilih menjadi penyanyi, pemilik album Monokrom (2016) ini punya alasan khusus saat itu memilih jurusan tersebut, lho!
 
“Gara-gara menonton konser Chrisye dan Erwin Gutawa di Padang, Sumatera Barat, saat saya masih kelas 2 SMP, saya jadi punya keinginan buat jadi penyanyi. Tapi, ibu saya ingin saya menyelesaikan pendidikan dulu. Nah, saat kuliah, awalnya orangtua berharap saya ambil jurusan kedokteran. Tapi pada dasarnya saya ingin kuliah di jurusan apapun yang berkaitan dengan dunia seni. Apalagi saat sekolah, pelajaran Kimia saya tuh, jelek banget. Waktu itu saya nggak diterima di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB). Lalu, saya berpikir pilihan berikutnya yang masih dalam satu strata dengan FSRD adalah arsitektur. Jadinya, saya diterima di jurusan Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung,” ceritanya.
 
Mengambil jurusan arsitektur pun ternyata nggak disesali Tulus. “Masuk jurusan arsitektur merupakan salah satu keputusan terbaik yang saya ambil dalam sekian tahun hidup saya. Karena kuliah arsitektur itu bisa membuka cakrawala dan pola pikir kita. Sekarang, saya bisa mengaplikasikan pola pikir yang saya pelajari di dunia arsitektur, yaitu pola pikir  runut. Bagaimana membuat sesuatu yang berstruktur, indah dan berfungsi itu bisa jadi musik,” jelas pelantun Ruang Sendiri (2016) itu.
 
Lalu, apakah Tulus akan menjalani double job sebagai penyanyi dan arsitek? “Tentunya ada harapan seperti itu. Tapi arsitektur itu adalah ilmu terapan. Nah, ilmu terapan itu nggak bisa dijadikan sampingan. Sampai sekarang sebenarnya saya masih terima kerjaan yang berkaitan dengan dunia arsitektur. Tapi lebih ke ilustrasi dan proyek-proyek kecil. Karena nggak mungkin sambil nyanyi, saya juga mengerjakan proyek besar arsitektur. Sebab itu butuh imajinasi dan lain sebagainya. Saya juga  masih belum tahu untuk kedepannya. Tapi untuk sekarang saya masih mau fokus di dunia musik dulu,” tutup Tulus. Editor: Putriyantini - Foto: Dachri MS
 

polling

Alasan Tulus Mengambil Jurusan Arsitektur

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!