Hidup Sehat ala Yura Yunita

by : Vinty Sannaly
Posted : October 8, 2015
Buat Yura Yunita, diet untuk hidup sehat itu bukan berarti nggak makan sama sekali ataupun mengurangi porsi makan. “Justru menurutku, kita harus makan tiga kali sehari, tapi harus makan di jam yang tepat,” kata Yura. Jadi, diet versi Yura itu seperti apa, ya?

Buat Yura, kita harus memenuhi asupan gizi dengan cara makan teratur ditambah dengan olahraga, banyak minum air putih dan tidur cukup. “Aku tetap makan tiga kali sehari, namun dengan jadwal tepat. Sarapan maksimal hingga jam delapan pagi, makan siang antara jam dua belas hingga jam satu, makan malam maksimal jam tujuh malam. Selain itu, aku juga pasti makan buah dua kali sehari, yaitu jam sepuluh pagi dan jam empat sore,” jelas kelahiran Bandung, 9 Juni 1991 ini.
 
Menurut Yura juga, sebenarnya yang bikin kita bertambah berat badan adalah ngemil. “Ngemil itu terjadi karena kita merasa lapar. Biasanya malah, kita suka memaafkan diri sendiri, karena makan hanya sedikit-sedikit. Justru, hal tersebut yang lama-lama jadi bukit,” ucapnya. “Namun, dengan pola dietku, aku nggak pernah merasa lapar sama sekali. Makanya, aku nggak pernah kepikiran untuk ngemil,” aku cewek yang juga menghindari makanan yang digoreng dan minuman dingin ini.
 
Selain makan di jam yang tepat, Yura juga menganjurkan kita untuk tetap mengonsumsi nasi, lho. “Banyak orang yang berpikir bahwa diet berarti nggak makan karbohidrat sama sekali. Padahal, karbohidrat itu penting banget, lho! Terlebih lagi nasi. Aku pernah baca satu artikel yang menyatakan bahwa orang negara Barat ternyata menomorsatukan nasi. Sayangnya, mereka sulit menemukan nasi di negara mereka. Nah ironisnya, kita yang tinggal di Indonesia yang diberkahi dengan sawah luas yang bisa ditanami padi, malah nggak mengonsumsinya atau malah kebarat-baratan dengan lebih memilih kentang,” terang cewek yang suka olahraga TRX, jogging dan berenang ini.
 
Dengan pola yang sudah terjaga, selanjutnya adalah bijaksana dengan porsi makan kita. “Jangan terlalu banyak pun terlalu sedikit. Kalau aku sih, nasi cukup tiga sampai empat sendok. Lalu lengkap dengan daging dan sayur. Dengan begitu, hidup kita lebih sehat, badan kita pun lebih bugar,” tutup cewek seberat 50 kilogram ini. Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. FeminaGroup