Kenalan dengan Ruth E. Carter Yuk, Perempuan di Balik Uniknya Kostum Film Black Panther

by : Nadyne Ovinda Adityasari
Posted : March 12, 2019

Kamu pasti tahu banget dong film Black Panther. Film produksi Marvel Cinematic Universe (MCU) ini berhasil memenangkan empat penghargaan di ajang Oscars 2019 yang baru saja diselenggarakan. Salah satunya adalah penghargaan Best Costume Design. Film ini mencapai pendapatan lebih dari 1 miliar dollar Amerika dan menjadi film adaptasi komik pertama yang berhasil mendapat penghargaan best costume di ajang Oscars 2019.

Semua penonton yang telah menyaksikan film ini pasti sudah nggak asing lagi dengan kostum ‘afrofuturistic-infused getup yang memenangkan penghargaan ini. Dora Milaje tentara khusus yang bergerak lincah dengan warrior boots yang dihiasi dengan detail berwarna merah dan kulit warna emas yang senada dengan sarung tangannya. Killmonger yang terlihat mengintimidasi dengan celana camo dan atasan fit body berwarna biru serta senjata yang mengerikan. Nggak ketinggalan T’Challa dengan berbagai macam jas dan kemeja yang kebanyakan berwarna hitam, tapi masing-masing dikembangkan dengan luar biasa indahnya.

Kamu para penggemar Marvel bisa berterima kasih kepada Ruth Carter. Desainer kostum asal Amerika ini adalah perempuan keturunan Afrika-Amerika yang lahir pada tanggal 10 April 1960. Ia merupakan lulusan Hampton University dengan gelar sarjana seni. Selama hampir 30 tahun karir filmnya, Ruth sudah bekerja sama dengan lebih dari 40 film dari sutradara dan produser terkenal seperti Steven Spielberg, Spike Lee dan yang paling baru adalah film garapan Ryan Coogler yaitu Black Panther.

Sebelum mendesain kostum untuk para penghuni Wakanda, Ruth berkonsultasi dengan para desainer yang sudah berkolaborasi dengan Marvel. “Mereka mengatakan bahwa ini akan sangat berbeda dari kostum normal film superhero. Sebenarnya aku pun sangat lega, karena tidak mengetahui bahasa dari film yang lain ketika aku mengerjakan Black Panther, sehingga aku bisa mencurahkan segala sudut pandangku dan tidak terpengaruh dengan seperti apa kostum harus terlihat nantinya,” ungkap Ruth dalamm wawancaranya bersama Vogue.

Banyak perubahan kecil yang diberikan oleh Ruth pada desainnya untuk beberapa karakter dalam film ini. Seperti Black Widow yang pada film Avangers biasanya mengenakan high heels, setelah ia selesai membuat desain para karakter perempuan, Ruth mengubahnya menjadi combat boots. Ruth ingin memastikan bahwa kostum-kostum tersebut layak untuk dipakai ketika sedang menyelamatkan dunia.

Akibat kerja kerasnya ini, kostum yang didesainnya mendapatkan penghargaan di ajang Oscar 2019, girls! Wah, selamat ya, untuk Ruth dan Black Panther. Editor: Leoni Sihombing –Foto: www.forbes.com  www.teenvogue.com
 

 

Baca juga:

7 Best Beauty Look at Oscar Awards 2018

Deretan Dress After Party Oscar 2017

Red Gloves Lady Gaga di Oscar 2015

 

Topic

#ruthcarter , #VIP

polling

Kenalan dengan Ruth E. Carter Yuk, Perempuan di Balik Uniknya Kostum Film Black Panther

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.