Kuliah vs Kerja ala Pamela Bowie, Refal Hady & Anggis Dinda

by : Ayu
Posted : March 20, 2017
Selain sibuk syuting, ternyata Pamela Bowie, Refal Hady dan Anggis Dinda masih menyempatkan diri untuk kuliah, lho. Gimana caranya mereka mengatur antara kerja dan kuliah, ya? Siapa tahu bisa menjadi inspirasi kita.
 
Pamela Bowie
"Kalau kuliah setahun sudah ada jadwalnya. Nah, jadwalnya itu aku kasih ke tempat syuting supaya bisa disesuaikan. Karena aku ambil Jurusan Psikologi, BINUS University Jakarta, jadwalnya padat. Kadang kuliah bisa sampai malam. Belum lagi tugasnya perlu research. Sebisa mungkin kalau ada bentrok, aku usahakan untuk izin kuliah atau syuting. Tergantung yang lebih penting. Ada baiknya sih, sebelum memutuskan kuliah sambil kerja, kita harus memikirkannya baik-baik. Soalnya, itu menyita waktu dan energi. Nggak semua orang siap. Bisa juga memilih sistem kuliah lain, misalnya kuliah online. Supaya bisa antara pendidikan dan kerja berjalan bareng."

 

 Refal Hady
"Aku mulai kerja sambil kuliah pas semester 6. Saat itu, aku disuruh menjadi news anchor. Pekerjaanku sengaja disesuaikan dengan jam kuliahku di Jurusan Broadcasting, BINUS University Jakarta. Untungnya, belum full time. Tapi, aku sempat kewalahan ketika harus menghadapi tugas yang banyak. Untungnya, pekerjaanku sedikit fleksibel, jadi bisa pindah-pindah waktu. Menurutku, kita mesti disiplin dengan semua tanggung jawab saat memutuskan kuliah sambil kerja. I mean, nggak mudah lho, mengerjakannya bersamaan. Makanya, harus siapkan diri dulu. Mulai dari hargai waktu, kurangi main sampai nggak boleh mengeluh. Terus, harus pintar juga membuat perjanjian dengan tempat kita bekerja supaya nggak rugi."

 

 Anggis Dinda
"Selama ini, memang sedikit sulit untuk bagi waktu kerjaan sama kuliah. Tapi, aku pribadi memang memprioritaskan kuliah dibanding kerjaan. Makanya, aku memilih pekerjaan yang nggak bakal ganggu kuliahku di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Misalnya, kalau aku banyak dapat kuliah pagi, aku memilih kerja di sore-malam hari. Sebenarnya, kita juga bisa atur jadwal kuliah kita supaya nggak bentrok. Jangan ragu juga untuk minta izin di tempat kerja saat kita ada tugas atau ujian kuliah. Aku pernah kok, sengaja mengambil jadwal syuting film Galih dan Ratna (2017) pas liburan kuliah. Jadi, aman waktunya." Editor: Putriyantini - Foto: Dok. FeminaGroup
 

  • polling

    World Food Day - 16 Oktober

    Paling suka makan makanan dari negara...

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!