Rikako Ikee, Cewek Pertama Peraih Gelar MVP di Asian Games

by : Chalsy Febrina Aditya
Posted : September 3, 2018
Asian Games 2018 yang baru saja berakhir pada tanggal 2 September 2018 berhasil menjadi momen membanggakan untuk Indonesia dan negara Asia lainnya, termasuk Jepang. Kesuksesan Negeri Sakura tersebut dalam meraih prestasi di pesta olahraga terbesar Asia ini nggak lepas dari hasil perjuangan Rikako Ikee, atlet cabang olahraga renang, yang sukses menyumbang medali terbanyak.
 
Rikako Ikee adalah seorang atlet renang kelahiran 4 Juli 2000. Ikee mendapatkan julukan Most Valuable Player (MVP) dari The Olympic Council of Asia (OCA) dikarenakan dirinya meraih 8 medali, yaitu 6 medali emas dan 2 medali perak dalam cabang olahraga renang.
 
Medali emas tersebut didapatkan melalui 4 kompetisi renang, yaitu 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya kupu-kupu.
 
Kemudian kontribusi atlet yang pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Renang Junior FINA 2015 di Singapura ini dalam perlombaan renang 4x100 meter gaya bebas estafet dan 4x100 meter gaya campuran estafet juga sukses menambah medali emas untuk Jepang.
 
Nggak hanya itu saja, cewek yang disebut sebagai Japan’s Golden Girl ini juga berhasil memecahkan enam rekor baru di Asian Games 2018, seperti dalam nomor 50 meter gaya bebas dengan waktu 24,53 detik, 100 meter gaya bebas dengan waktu 53,27 detik, 50 meter gaya kupu-kupu dengan waktu 25,55 detik, dan 56,30 detik untuk 100 meter gaya kupu-kupu.  
 
Ikee dan kontingen lainnya juga telah mencetak rekor dengan catatan waktu 3 menit 36,52 detik untuk 4x100 meter gaya bebas estafet  dan 3 menit 54,73 detik untuk 4x100 meter gaya campuran estafet.
 
Prestasi Rikako Ikee di atas menjadikannya sebagai atlet renang ke-4 sekaligus cewek pertama yang memenangkan penghargaan MVP ini di Asian Games.
 
Dilansir dari indianaexpress, Ikee mengaku nggak menyangka bisa mendapatkan penghargaan ini dan mengatakan bahwa Indonesia telah memberikan dirinya kesan tersendiri.
 
“Aku mendengar sebelumnya bahwa untuk sementara waktu nggak ada penghargaan MVP dan aku merasa sangat sedih akan hal itu. Tetapi, kemudian terjadi evaluasi ulang dan aku merasa terhormat bisa mendapatkan penghargaan luar biasa ini.
 
Sebenarnya setelah kompetisi renang berakhir, aku langsung pulang ke Jepang. Aku nggak mengira bahwa aku harus kembali ke Indonesia lagi. Jakarta telah menjadi tempat dengan banyak kenangan indah,” ungkap atlet pemegang rekor dunia junior dalam nomor 50 meter gaya bebas saat ajang Konami Terbuka di tahun 2016 ini.
 
Meraih 8 medali dalam satu jenis pertandingan nggak mudah, lho! Hal ini sebelumnya hanya berhasil diraih oleh atlet penembak dari Korea Utara, So Gin-man, saat memenangkan 7 medali emas dan 1 perak di Asian Games 1982 yang diselenggarakan di New Delhi, India.
 
Dengan gelarnya sebagai pemain terbaik tersebut, cewek berusia 18 tahun ini juga mendapatkan trophy dan uang sebesar 50.000 dollar AS atau sekitar Rp736,5 juta.
 
Usianya yang masih muda membuat Ikee dipastikan sebagai harapan baru untuk ajang Olimpiade yang bakal diselenggarakan di Jepang pada tahun 2020 mendatang.
 
Sukses terus untuk Rikako Ikee, ya!
 
Editor: Ria Juwita – Foto: Dok.Instagram ikee.rikako
 


Baca juga:

Topic

#Eventupdate , #AsianGames2018 , #RikakoIkee , #trivia , #VIP

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!