Stan Lee, Si Legenda Komik Marvel

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : November 13, 2018
Stan Lee, sosok di balik kesuksesan kisah para superhero Marvel ini, mungkin jarang diketahui para penggemar baru Marvel. Namun, penulis, editor, penerbit, produser, dan aktor yang mendirikan Marvel Comics ini adalah sosok superhero sebenarnya dalam sejarah komik Marvel. Sosoknya yang sangat identik dengan pahlawan super Marvel ini sayangnya harus meninggalkan para penggemarnya pada 12 November 2018 di usia ke-95 tahun, yang diduga karena penyakit pneumonia.
 
Stan Lee lahir pada 28 Desember 1922 di New York, AS, dengan nama Stanley Martin Lieber. Orang tua Stan Lee merupakan imigran Yahudi kelahiran Rumania. Ayahnya, Jack Lieber, merupakan seorang penjahit yang bekerja setelah peristiwa The Great Depression pada tahun 1930.
 
Keluarganya sempat pindah ke Kota Fort Washington Avenue, Washington Heights, Manhattan, New York, AS. Stan Lee mengatakan saat kecil dirinya banyak dipengaruhi oleh buku-buku dan film-film yang diperankan oleh Errol Flynn, seorang aktor Australia-Amerika.
 
Di tahun 1939, Stan Lee menjadi asisten di Timely Comics yang merupakan divisi dari majalah Pulp dan bagian dari penerbit buku komik milik Martin Goodman. Pada Mei 1941, pendiri Marvel Comics tersebut mulai membuat komik pertamanya dengan menjadikan Captain America sebagai karakter superhero pertamanya, yang berjudul Captain America Foils the Traitor’s Revenge.
 
Setelah itu, Stan Lee pun mulai melahirkan berbagai superhero Marvel dan pada 1960. Dirinya mendirikan Marvel Comics untuk memperkenalkan karakter superhero secara mendalam.
 
Kreator Marvel yang selalu muncul di setiap film Marvel ini kemudian bekerja sama dengan Jack Kirby dan Steve Ditko dalam menghasilkan karakter superhero lainnya, seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak lagi.
 
Berkat kreativitasnya, Stan Lee dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame pada tahun 1995. Stan Lee juga mendapatkan berbagai penghargaan, seperti National Medal of Arts pada tahun 2008 dan Hollywood Walk of Fame pada 2011.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: www.toronto.citinews.ca
 
Baca juga:

Topic

#VIP

polling

Stan Lee, Si Legenda Komik Marvel

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!