Anak Garuda, Kisah Inspiratif Para Siswa Sekolah Selamat Pagi Indonesia yang Tertuang Lewat Film

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : August 23, 2019
Film bertemakan nasionalisme memang sudah nggak asing lagi di industri perfilman Indonesia, apalagi film dengan latar belakang sekolah dan cerita tentang siswa-siswanya. Salah satunya adalah film terbaru dan pertama karya Butterfly Pictures yang juga akan segera meramaikan jagat perfilman Indonesia lewat film “Anak Garuda” di tahun 2020 mendatang.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan tentang perjuangan siswa-siswa Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI), sebuah sekolah gratis di Batu, Malang, Jawa Timur. Sekolah yang sempat meraih penghargaan dari Kick Andy Heroes 2018 ini diinisiasi oleh Julianto Eka Putra atau yang lebih akrab disapa Koh Jul

Diproduseri oleh Verdi Solaiman, lokasi shooting film “Anak Garuda” ini tidak hanya berlangsung di Batu, Malang, tetapi juga sampai ke Eropa. Film ini pun melibatkan sutradara Faozan Rizal dan Alim Sudio sebagai penulis. 

Butterfly Pictures sendiri merupakan production house bentukan Sekolah SPI yang merupakan divisi terbaru di sekolah ini. Yohana Yusuf selaku Executive Director dari Butterfly Picturesyang juga merupakan alumni dari Sekolah SPI ini, mengakui bahwa film “Anak Garuda” akan bercerita banyak tentang perjuangannya dan teman-temannya yang datang dari beragam latar belakang.

“Siswa-siswi di Sekolah SPI sebagian besar latar belakangnya adalah yatim-piatu atau dari kaum dhuafa. Mereka terbiasa dihina, ditertawakan, mengalami kepahitan hidup, terpinggirkan, juga minder dan terpuruk.

Tetapi setelah menjadi siswa di Sekolah SPI, mereka bertransformasi menjadi anak-anak garuda yang terbang menatap matahari, belajar bagaimana mengatasi perbedaan (suku, ras, agama), mengatasi luka batin dan kepahitan hidup yang pernah mereka alami, serta menjadi pengendali bagi diri mereka sendiri dan segala masalahnya (minder, kemarahan, kebencian, iri hati, dan sebagainya).

Mereka harus membangun team & persahabatan di atas ombak hambatan di dalam hidup mereka. Bertransformasi menjadi pribadi yang memiliki value/bernilai.

Mereka berangkat ke Eropa untuk lebih jauh lagi memperjuangkan cita-cita mereka,” tutur Yohana

Sebelum dijadikan film, cerita dari para Anak Garuda ini sebelumnya telah lebih dulu tertuang lewat komik Line Webtoon berjudul “Anak Garuda” sejak 17 Mei 2019 lalu.

Dalam film ini, dikisahkan perjuangan jatuh bangun nyata dari 7 orang alumni Sekolah SPI yang datang dari keluarga yang kurang mampu, yakni OlfaRobetYohanaDilaSayyidahWayan, dan Sheren. Tidak hanya itu, kisah perjalanan sang mentor, Julianto Eka Putraatau Koh Jul juga akan diceritakan di dalam film ini.

Melibatkan aktor dan aktris bertalenta, seperti Tissa Biani sebagai SayidahViolla Georgie sebagai YohanaAjil Ditto sebagai RobetClairine Clay sebagai OlfaGeraldy Polisar sebagai WayanRania Putrisari sebagai SherenRebecca Klopper sebagai Dila, dan Kiki Narendra sebagai Koh Jul, film ini turut menginspirasi para pemerannya
 
“Saya bersyukur bisa terlibat di produksi ini. Saya jadi bisa belajar memerankan karakter dengan background story seperti Robet dan saya senang film ini akan memberi inspirasi yang penting buat anak muda zaman sekarang. Saya sendiri sangat terinspirasi dengan perjuangan anak-anak Sekolah SPI,” ungkap Ajil Ditto.

Menggandeng Band Cokelat sebagai pengisi official soundtrack dari film ini, lagu “Anak Garuda” ciptaan Julianto Eka Putra yang kemudian diaransemen ulang ini sudah bisa didengarkan di platform streaming music daring, seperti Joox dan Spotify sejak tanggal 16 Agustus yang lalu. 

Hmm… penasaran dan pengin segera menonton film “Anak Garuda”, kan? Intip teaser filmnya dulu, ya!



Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Butterfly Pictures

Baca juga: 
Dua Garis Biru, Film yang Sarat Edukasi Seks untuk Remaja 
4 Fakta “Gundala”, Film Superhero Asal Indonesia 
#ReuniDiBioskop Bersama Film Bebas 

Topic

#movieupdate

polling

Anak Garuda, Kisah Inspiratif Para Siswa Sekolah Selamat Pagi Indonesia yang Tertuang Lewat Film

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!