Athirah, Film Penuh Pesan dari Riri Riza

by : Ria Juwita
Posted : September 29, 2016
Mungkin tidak banyak yang tahu seperti apa kehidupan Wakil Presiden Republik Indonesia H. Muhammad Jusuf Kalla saat masih remaja. Lewat film ini, kita jadi tahu seperti apa tanggung jawab yang harus beliau hadapi saat remaja. Selain itu, Riri Riza, sang sutradara, juga menggambarkan seperti apa perjuangan seorang ibu dalam mempertahankan keutuhan keluarganya.
 
Athirah (Cut Mini) memiliki keluarga yang sangat harmonis. Dengan seorang suami dan 3 anaknya, keluarga mereka adalah gambaran dari sebuah keluarga ideal. Ruang makan menjadi tempat berkumpul mereka, baik saat pagi maupun malam. Maklum, Makassar yang menjadi latar tempat film ini, memang menjadikan ruang makan sebagai tempat yang ‘sakral’, di mana para anggota berkumpul untuk mencicipi makanan khas Makassar.
 
Sayangnya, keharmonisan keluarga Athirah mulai tertimpa masalah saat suaminya, Puang Ajji (Arman Dewarti) diketahui memiliki perempuan lain untuk dijadikan istri ke-2. Mengetahui hal ini, Athirah pun berusaha tegar dan tidak meminta berpisah dengan suaminya. Begitu juga dengan anak-anaknya. Meski kecewa dengan keputusan ayahnya, tapi mereka tidak membuat hal itu menjadi masalah besar di tengah keluarga.  Terlebih untuk Ucu, panggilan kecil Jusuf Kalla (Christoffer Nelwan). Sebagai anak laki-laki tertua, Ucu berusaha menjaga sang ibu, menggantikan peran ayahnya, yang sering tidak berada di rumah sejak menikah lagi.
 
Di usianya yang masih remaja, konflik yang dihadapi Ucu memang cukup berat. Ia juga harus menjaga perasaan ibunya saat mereka bertemu dengan sang ayah yang membawa istri keduanya ke sebuah acara pernikahan. Di sekolah, cerita cinta Ucu pun sempat bermasalah karena cewek yang ditaksirnya dilarang bergaul dengan dirinya, karena penduduk kampung sekitar tahu tentang cerita ayahnya. Ayah Ucu memang merupakan sosok terpandang dan sering dijadikan panutan oleh banyak orang.
 
Lalu, bagaimana  nasib keluarga ini? Bisakah mereka tetap hidup dengan harmonis meski sang ayah menikah lagi? Atau Athirah memutuskan untuk berpisah? Seperti apa juga perjalanan hidup yang harus dilalui Ucu untuk menjaga ibunya dan anggota keluarga lainnya?
 
Kerennya…
  • Film ini tidak dipenuhi dialog. Jadi, banyak pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara Riri Riza yang tergambar lewat scene.
  • Terlebih untuk Christoffer Nelwan yang digambarkan tidak banyak bicara, akting dan eskpresi cowok yang sempat dapat beasiswa pendidikan di Belanda ini patut diacungi jempol!
  • Karena syuting sepenuhnya dilakukan di Makassar dan daerah lain di Sulawesi Selatan, film ini juga memanjakan mata kita dengan pemandangan alam yang super keren! Hmm… bisa buat rekomendasi liburan, nih!
  • Film ini memang kental dengan ‘rasa’ Makassar! Nggak hanya banyak mengupas soal kain tenun khas Makassar, mata kita juga dimanjakan dengan sederet menu menggiurkan khas ibukota Sulawesi Selatan itu.
  • Film Athirah juga akan tampil di beberapa festival film internasional, lho! Diantaranya adalah Vancouver Film Festival, Busan Film Festival dan Tokyo Film Festival. Salut!
  • Berlatar belakang tahun 1950-an, film ini punya visualisasi yang detail, mulai dari properti kecil, baju, kendaraan, bangunan dan lain sebagainya.
 
Fun Facts:
  • Saat syuting film Athirah, Cut Mini sempat pingsan! “Baru kali itu saya merasakan yang namanya pingsan. Bangun-bangun sudah di kasur, padahal saya ingat terakhir kali sedang berada di depan sumur,” kenangnya.
  • Proses syuting dilakukan selama 31 hari di 3 kota berbeda, yaitu Makassar, Sengkang dan Pare-pare.
  • Rumah Athirah, yang menjadi setting utama film ini, merupakan asrama mahasiswa yang diubah menjadi rumah kuno era 1950-an, lengkap dengan perabotannya. Kru film Athirah perlu waktu 1,5 bulan untuk menyiapkan bangunan tersebut, lho!
 
Athirah
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Riri Riza
Pemain: Cut Mini, Christoffer Nelwan, Jajang C. Noer, Arman Dewarti, Indah Permatasari, Tika Bravani, Nino Prabowo
Tayang perdana di Indonesia: 29 September 2016
Produksi: Miles Films
 
Editor: Vinty Sannaly - Foto: Dok. Miles Films
 

 

polling

Athirah, Film Penuh Pesan dari Riri Riza

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.