Cahaya Cinta Pesantren, Kisah Cinta Para Santri

by : Ayu
Posted : January 11, 2017
"Semuanya diatur-atur. Bangun, makan, bahkan sampai mandi saja pakai jam," itulah kehidupan pesantren yang dialami Shila (Yuki Kato). Film ini menceritakan Shila, seorang cewak asal Danau Toba, Sumatera Utara yang terpaksa harus belajar di pesantren. Kehidupan yang nggak mau dilaluinya.
 
Kisah Cahaya Cinta Pesantren berawal dari keinginan Shila melanjutkan sekolah di SMA swasta favorit di Kota Medan, Sumatera Utara. Sayangnya, impian cewek yang penuh semangat dan ide ini kandas setelah sang Mamak (Elma Theana) memasukannya ke sebuah pesantren dengan alasan ekonomi. Orangtua Shila hanya bekerja sebagai nelayan di sekitar Danau Toba. Makanya, pendapatannya hanya cukup untuk menyekolahkan Shila di pesantren.
 
Shila pun merasa kecewa dengan keputusan Mamak. Bahkan, dia mengadu ke Bapak (Tabah Penemuan) soal keinginan tersebut. Ternyata, Bapak justru mendukung keinginan Mamak. Tentu saja Bapak membuat Shila merasa patah hati dan bikin hubungan keduanya merenggang.
 
Ketika Shila pertama kali masuk ke pesantren, ia merasa terkekang dan sulit beradaptasi. Jadwal aktivitas di pesantren sangat padat dan guru-gurunya pun super disiplin. Hal ini membuat Shila yang berjiwa bebas merasa nggak betah. Untung saja, di pesantren itu Shila menemukan 3 orang sahabat, Manda (Febby “Blink”), Aisyah (Sivia “Blink”) dan Icut (Vebby Palwinta). Kehidupan pesantren Shila makin berwarna berkat kehadiran mereka.
 
Lama-kelamaan, Shila pun bisa mengikuti dan menjalani kehidupan pesantren. Bahkan, di tempat ini pun Shila menemukan cinta. Ada dua santri yang menaruh perhatian lebih terhadapnya, yaitu Rifqy (Fachri Muhammad) dan Abu (Rizky Febian). Bersamaan dengan itu, Shila juga meneruskan mimpinya sebagai penulis. Ia bergabung dalam klub jurnalistik di pesantrennya. Bagaimana akhirnya Shila bisa menyelesaikan masa-masa di pesantren? Akankah mimpi-mimpinya tercapai?
 
Meski bercerita seputar kehidupan pesantren yang super disiplin, film ini nggak membosankan. Beberapa scene dikemas secara komedi. Ceritanya pun banyak mengangkat soal persahabatan, keluarga dan cinta. Makanya, para penonton akan merasa familiar ketika melihatnya. Salutnya lagi, seluruh pemain menggunakan dialek daerah Sumatera. Akting mereka juga meyakinkan, ditambah dengan visualisasi pemandangan Danau Toba, Sumatera Utara.
 
Fun Fact:
  • Tempat syutingnya adalah Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Medan. Ini merupakan pesantren terbesar di Sumatera Utara yang santrinya berjumlah ribuan orang. Bahkan, ada orang Thailand dan Malaysia yang belajar di sana.
  • Para pemainnya harus menginap di pesantren tersebut selama 4 hari untuk mendalami peran, lho. Bahkan, mereka harus bergaul dengan para santri yang ada di sana.
  • Film ini didukung oleh Ustad Yusuf Mansur juga, lho. Anaknya yang bernama Wira Mansur ikut akting dan mengisi soundtrack-nya.
  • Cahaya Cinta Pesantren diambil dari novel berjudul sama karya Ira Madan. Tapi, nggak semuanya dituangkan dalam film, lho. Beberapa plot dan scene sengaja ditambahkan supaya film lebih menarik.
 
Cahaya Cinta Pesantren
Sutradara: Raymond Handaya
Pemain: Yuki Kato, Febby "Blink", Sivia "Blink", Vebby Palwinta, Rizky Febian, Fachri Muhammad
Tayang di Indonesia: 12 Januari 2017
Produksi: Fullframe Pictures, 2016
 
Editor: Putriyantini - Foto: Dok. Fullframe Pictures

 
-

polling

World Food Day - 16 Oktober

Paling suka makan makanan dari negara...

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!