Europe On Screen Berikan Penghargaan Bagi Sineas Muda Indonesia

by : Anisya Fitrianti
Posted :
Festival Film Europe On Screen ke-19 berakhir pada Selasa 30 April 2019 lalu. Selama gelarannya berlangsung, festival ini telah menayangkan 101 film serta program lainnya dari berbagai negara di Eropa selama 13 hari di 8 kota di Indonesia. Di akhir rangkaian acaranya ini, Europe On Screen memberi penghargaan bagi para sineas muda berbakat di Indonesia.
 
Total ada 110 pendaftar yang mengikuti kompetisi film pendek dalam ajang Europe On Screen. Proses penjurian pun dilakukan oleh tokoh sineas Indonesia, yakni Rama Adi, Yandy Laurens, dan Marissa Anita.
 
“Saya bangga melihat apa yang telah diraih Europe On Screen selama bertahun-tahun dalam membawa kreativitas dan bakat dari Eropa ke Indonesia serta mendukung pembuat film Indonesia dalam memproduksi film pendek.
 
Para pemenang Europe On Screen Short Film Pitching Project tahun lalu, Lasagna dan Bangkis, adalah bukti dari bakat yang dimiliki sutradara muda Indonesia. Saya dan seluruh kedutaan besar Eropa di Indonesia serta pusat kebudayaan sangat menantikan edisi ke-20 Europe On Screen di 2020,” tutur Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend.
 
Juara pertama diraih oleh film Kisah Para Pencuri karya Erlangga Fauzan dan Eleonora A. Yuanita. Juara ke-2 adalah film Forget the Bomb in the Backyard, We’re Fine! karya Lerryant Krisdy G. B, dan juara ke-3 diraih oleh  Nebeng (Bodies on the Road) karya Faisal Hibatullah dan Arya Bima Perkasa.
 
Salah satu juri dari Short Film Pitching Program 2019, Marissa Anita, pun mengungkapkan rasa kagumnya pada karya yang diikutsertakan pada festival ini.
 
“Saya sangat kagum dengan berbagai macam cerita yang dipresentasikan di Europe On Screen Short Film Pitching Project ini. Hal ini menunjukkan adanya bakat berkualitas yang menjanjikan dari generasi pembuat film Indonesia selanjutnya,” paparnya.
 
Malam penutupan festival Europe On Screen ini ditutup dengan memutar film  Austria yang berjudul What Have We Done to Deserve This? di Goethe Institut. Film tersebut merupakan peraih nominasi film terbaik di Zurich Film Festival 2018 dan dipilih menjadi film penutup karena kedekatan tema film ini dengan situasi di Indonesia.
 
Congratulations to all the winners and see you on the next Europe On Screen!

Editor: Ria Juwita- Foto: dok. Europe On Screen, Anisya Fitrianti
 
Baca juga: Moviegoers, Get Ready for Europe On Screen 2018!

Topic

#eventupdate

polling

Europe On Screen Berikan Penghargaan Bagi Sineas Muda Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!