Film Pendek Karya Pixar Ini Angkat Karakter Perempuan dengan Autisme

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 29, 2020
Film animasi karya rumah produksi Pixar memang terkenal akan pesan positif yang ingin disampaikan di dalamnya. Salah satunya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah film pendek berjudul “Loop”. Lewat film pendek ini, Pixar ingin menyampaikan pesan inklusivitas, yakni dengan menampilkan karakter utama perempuan penyandang autisme.
 
Menjadi bagian dari SparkShorts, yakni project film pendek animasi independen keluaran Pixar Animation Studios, film “Loop” (2020) nggak hanya menampilkan teknik animasi yang super keren, tetapi juga sarat akan pesan tentang empati dan hubungan antar manusia. 
 
Telah tayang sejak tanggal 10 Januari 2020 lalu, film ini bercerita tentang Renee, perempuan berusia 13 tahun yang menyandang autisme, memiliki kesulitan berbicara, dan mencintai olahraga canoeing
 
Karakter Renee sendiri disuarai oleh Madison Bandy, seorang perempuan muda yang juga mengalami kondisi serupa dengan tokoh yang ia bawakan, lho!
 
Saat menonton, kamu akan dibawa menelusuri kisah Renee di sebuah canoe camp, di mana ia dipasangkan dengan seorang laki-laki muda cerewet bernama Marcus.
 
Selama menjalani petualangannya bersama dengan ReneeMarcus pun belajar untuk membangun rasa empati ketika dirinya menyadari bahwa Renee berkomunikasi dengan cara yang berbeda dengan orang-orang yang pernah ia temui.
 
Hendak menyampaikan pesan yang nggak hanya menyentuh, tetapi juga realistis, penulis dan sutradara film “Loop”, Erica Milsom, turut berkonsultasi dengan sejumlah pihak dari organisasi Autistic Self Advocacy Network dalam pembuatan cerita film ini. 
 
Detail tentang perasaan dan pikiran yang ingin dituangkan pada tokoh Renee benar-benar dipersiapkan secara matang dalam film ini. Hal ini nampak dari reaksi sang tokoh terhadap sentuhan, suara, dan rangsangan lainnya yang terkesan relatable dengan orang-orang yang juga menyandang autisme dan kesulitan berbicara
 
Tak hanya mendorong anak-anak untuk belajar membangun rasa empati, film pendek ini juga mampu menggerakkan hati para orang dewasa dalam membangun rasa pengertian dan merangkul perbedaan
 
Kalau kamu pengin menonton kisah mengharukan Renee, kamu sudah bisa menonton film “Loop” melalui layanan streaming Disney+.
 
Editor: Ria Juwita - Foto:Dok. Pixar Animation Studios

Baca juga:

Topic

#MovieUpdate

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!