Moana, Petualangan Disney Princess di Tengah Laut

by : Vinty Sannaly
Posted : November 15, 2016
Sedang pengin main ke pantai atau laut. Well, coba deh, nonton film Disney terbaru, Moana. Soalnya, paparan biru laut yang ada di film ini bisa memenuhi keinginan kita!
 
Sejak kecil, Moana (Auli’i Cravalho) telah ditetapkan oleh sang ayah bahwa ia akan menjadi penerusnya, yaitu menjadi kepala desa Motunui. Namun, hal ini nggak terlalu disukai oleh Moana. Ia lebih suka berlayar dan mengarungi samudera. Sayangnya, sang ayah melarang Moana untuk sering bermain di pantai. Hal ini disebabkan para nenek moyang mereka yang dulunya penjelajah laut, tiba-tiba hilang dan nggak pernah kembali hingga kini.
 
Suatu ketika, desa Motunui dilanda kerusakan. Tanaman mati. Semua hasil panennya nggak bisa dimakan. Sang nenek pun menceritakan sebuah legenda kepada Moana. Legenda tentang Maui (Dwayne Johnson) dan Te Fiti.
 
Ceritanya, pada zaman dahulu, kehidupan di permukaan bumi tenteram dan sejahtera. Tanaman tumbuh subur dan masyarakat berbahagia. Semua itu karena adanya Te Fiti, sang pemberi kehidupan. Namun, kesejahteraan itu berubah sejak jantung Te Fiti yang berupa batu ajaib hijau dicuri oleh Maui, manusia setengah dewa yang bisa berubah wujud menjadi hewan apa saja.
 
Namun sebenarnya, yang mengincar jantung Te Fiti bukan hanya Maui, melainkan juga monster api Te K?. Maka, bertempurlah mereka. Dari saling berebut, batu ajaib ini malah menghilang, bersama dengan keberaadaan Maui.
 
Menjelang meninggalnya sang nenek, ia memberikan sebuah kalung yang ternyata berisi jantung Te Fiti kepada Moana. Ia berpesan bahwa Moana harus mencari Maui. Soalnya, hanya Maui yang bisa mengembalikan jantung tersebut kepada Te Fiti.
 
Meski ditentang, akhirnya Moana pun berangkat mencari Maui. Pengetahuan ala kadarnya tentang berlayar cukup menjadi tantangan Moana ketika ia dihantam oleh ombak besar. Meski begitu, ia nggak boleh menyerah demi menyelamatkan keluarga dan seluruh desanya.
 
Sampailah Moana di sebuah pulau dan bertemu Maui. Meski awalnya enggan, akhirnya Maui pun menyanggupi untuk membantu Moana. Namun, mereka harus menemukan pusaka pedang berbentuk kail ikan milik Maui. Karena tanpa pusaka itu, Maui nggak bisa apa-apa, termasuk berubah bentuk.
 
Perjalanan berliku dihadapi oleh keduanya. Mulai dari cuaca yang nggak bersahabat, bertemu dengan bajak laut Kakamora yang cute namun ganas, sang pencuri pusaka Maui yaitu kepiting raksasa Tamatoa, hingga musuh terbesar yaitu Te K?.
 
Film ini benar-benar memanjakan kita lewat birunya laut yang super indah. Setelah nonton, bikin pengin berenang! Hihihi… Selain itu, dari segi plot, film Disney kali ini menyuguhkan cerita yang cukup kompleks untuk ukuran film animasi. Banyak hal yang saling beririsan, namun berhasil dirangkai dengan indah.
 
Fun Facts:
  1. Film ini didasarkan pada kebudayaan masyarakat Polynesia. Mulai dari adatnya, pakaiannya, tanaman yang ada di sana hingga legenda Maui. Semuanya dibikin real! Maka itu, saat pembuatan film ini, ada tim Cultural Advisor berupa arkeologis, nelayan dan lainnya, yang bertugas memberi saran agar budaya yang ditampilkan dalam film nggak melenceng.
  2. Ada keterlibatan orang Indonesia dalam film ini, lho. Yaitu Griselda Sastrawinata yang berperan sebagai visual development artist. Secara spesifik, ia yang mendesain berbagai jenis kain yang dikenakan oleh karakter Moana. Nama kainnya disebut kain Tapa.
  3. Proses produksi film ini memakan waktu 5 tahun. Salah satu hal tersulit dalam film ini adalah pembuatan pergerakan air. Soalnya, hampir seluruh film ini berlatar di laut luas.
  4. Soundtrack utama dalam film ini adalah How Far I'll Go yang dinyanyikan oleh Auli’i dan Alessia Cara. Sedangkan untuk versi Bahasa Indonesia, dinyanyikan oleh Maudy Ayunda lewat judul Seb'rapa Jauh Ku Melangkah.
 
Moana
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Ron Clements dan John Musker
Pengisi suara: Auli’i Cravalho, Dwayne Johnson
Tayang perdana di Indonesia: 25 November 2016
Produksi: Walt Disney Pictures, 2016
 
Editor: Putriyantini - Foto: Dok. Walt Disney Pictures
 

 

polling

Moana, Petualangan Disney Princess di Tengah Laut

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!