Monstrum, Teror Monster Berwabah

by : Ria Juwita
Posted : September 24, 2018
Bayangkan jika tempat tinggalmu diteror oleh keberadaan sesosok monster mengerikan. Pasti akan membuat seram, kan? Tapi, bagaimana jika ditambah monster tersebut membawa wabah mematikan? Ini yang terjadi di film Korea, Monstrum.
 
Diceritakan, pada zaman dinasti Joseon di tahun 1527, sebuah wilayah di Korea Selatan diteror dengan kabar bahwa keberadaan sesosok monster mengerikan benar adanya. Tapi, banyak dari staf kerajaan yang meyakinkan para rakyatnya bahwa berita itu tidak benar.
 
Hingga suatu hari, terjadi banyak kasus pembantaian misterius yang merenggut nyawa warga sekitar. Mereka pun yakin bahwa ini adalah perbuatan si monster tersebut, yang disebut dengan nama Monstrum.
 
Untuk menyelidiki kasus ini, raja saat itu, Raja Jungjong (Park Hee Soon), meminta mantan orang kepercayaannya, Yoon Gyeom (Kim Myung Min), untuk turun tangan dan membasmi monster tersebut, jika rumor tersebut terbukti benar.
 
Bersama dengan anak perempuannya, Myung (Lee Hyeri), rekannya, Sung Han (Kim In Kwon), dan seorang prajurit bernama Heo (Choi Woo Sik), keempatnya berangkat untuk menemukan keberadaan Monstrum yang menjadi teror para warga. Singkat cerita, setelah melakukan penyelidikan, Yoon Gyeom cukup yakin bahwa Monstrum lah yang melakukan pembantaian di kasus baru-baru ini.
 
Ini terlihat dari luka-luka aneh yang ada di kulit para korban. Bukan luka biasa, serangan makhluk tersebut membuat kulit korbannya seperti terinfeksi sebuah penyakit aneh. Monstrum pun dipercaya membawa wabah penyakit mengerikan pada korban yang diserangnya.
 
Untuk membasmi Monstrum, Yoon Gyeom meminta izin sang Raja untuk melibatkan para warga cowok cukup umur untuk berburu Monstrum bersamanya. Sayangnya, rencana Yoon Gyeom ini nggak berjalan lancar karena ada pihak yang ingin menggagalkan rencananya, yaitu Jin Yong (Park Sung Woong), seorang panglima perang. Ia percaya bahwa berita keberadaan Monstrum adalah rumor belaka.
 
Dengan alasan ingin membantu pencarian Monstrum, Jin Young dan pasukannya ikut bersama Yoon Gyeom dan para warga di malam hari dalam pemburuan. Tapi, yang terjadi adalah Jin Young dan pasukannya malah membantai para warga. Di tengah-tengah pertempuran tersebut yang terjadi di tengah hutan, tiba-tiba Monstrum yang sedang tidur di sarangnya pun terbangun.
 
Merasa terganggu, ia akhirnya menyerang pasukan Jin Young dan Yoon Gyeom. Keadaan yang kacau pun nggak bisa dihindari lagi. Jin Young yang berhasil kabur, kembali ke kerajaan dan mengumumkan bahwa Monstrum memang benar-benar ada.
 
Sementara itu, Yoon Gyeom, Heo, Myung, dan Sung Han yang berhasil menyelamatkan diri dari serangan Monstrum malah terjebak di sarang monster tersebut. Dengan peralatan yang minim, mereka pun sekuat tenaga membasmi monster tersebut dan berusaha menyelematkan para warga yang masih tersisa.
 
Dengan banyaknya adegan perkelahian, film Monstrum mempertontonkan scene-scene berkelahi yang cukup nyata dan kejam. Meski begitu, penonton nggak akan terganggu dengan visual yang disajikan. Teknik CGI yang diberikan juga tidak mengecewakan.
 
Do You Know?
  • Syuting film Monstrum dilakukan di berbagai lokasi di Korea Selatan, yaitu Paju, Yangju, Gwangju City, dan provinsi Gyeongsang Selatan.
  • Monstrum adalah film pertama yang mengangkat cerita soal monster di era Joseon.
  • Ternyata ini adalah debut film Lee Hyeri, lho!
  • Kabarnya, cerita Monstrum diadaptasi dari cerita nyata . Menurut catatam sejarah, Raja Jungjon sempat menuliskan sosok mengerikan yang menyerang kerajaannya di tahun 1527. Kabarnya pula, dari catatan tersebut, Raja Jungjon harus diungsikan sementara waktu untuk menghindari serangan si monster.
  • Percaya atau nggak, tadinya film ini memiliki genre comedy-action. Tapi, pergantian sutradara yang sempat terjadi membuat Monstrum jadi film action-fantasy. Meski begitu, ada juga kok, scene dan dialog kocak yang bisa mengocok perut penonton, meski nggak banyak.
 
Monstrum
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Heo Jong Ho
Pemain: Park Hee Soon, Kim Myung Min, Kim In Kwon, Lee Hye Ri, Choi Woo Shik, Park Sung Woong
Tayang di Indonesia: 19 September 2018
Produksi: Taewon Entertainment, Kidari Entertainment, 2018
 
 
 
Foto: Dok. Taewon Entertainment, dok. Kidari Entertainment
 
Baca juga:

Topic

#FilmReview , #MovieUpdate , #KoreanHighlights , #LeeHyeri , #ChoiWooShik

polling

Monstrum, Teror Monster Berwabah

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.