Rasakan Kehangatan Sederhana dalam Film Keluarga Cemara

by : Maulida Belliana Putri
Posted : December 23, 2018
Sudah punya rencana untuk awal tahun nanti? Kalau belum, menonton Film Keluarga Cemara dengan keluarga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi awal tahunmu!
 
Film Keluarga Cemara menceritakan tentang empat orang anggota keluarga yang terdiri dari Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), Euis (Adhisty Zara, anggota JKT48) si sulung, dan Cemara/Ara (Widuri Putri Sasono) si bungsu.
 
Kehidupan mereka di kota mulanya baik-baik saja seperti keluarga ideal pada umumnya. Masalah muncul ketika Abah tertimpa musibah yang membuat mereka sekeluarga harus pindah ke rumah Aki (Kakek) di kampung yang jauh dari kota Bogor. Hal ini membuat gaya hidup Euis sekeluarga berubah 180 derajat.
 
Euis yang terbiasa dengan gaya hidup di perkotaan menjadi tidak terima dan menyalahkan Abah atas keadaan yang tengah menimpanya.
 
Abah pun mulai mencari kerja melalui bantuan saudaranya, yaitu Romli. Abah kemudian menjadi buruh bangunan. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena salah satu kaki Abah terluka akibat bekerja terlalu keras.
 
Demi membantu ekonomi keluarga yang sedang sulit, Emak berjualan opak yang kemudian dijual Euis kepada teman-temannya di sekolah ketika jam istirahat tiba. Opak tersebut merupakan usaha yang dirintis Emak bersama Ceu Salmah. Ceu Salmah merupakan tukang kredit terkenal yang diberi julukan Loan Women di kawasan tempat mereka tinggal.
 
Meski awalnya kesulitan karena malu-malu untuk berjualan, Euis memiliki teman-teman baru yang setia membantunya ketika dibutuhkan. Ada Ima, Rindu, Deni, dan Andi yang selalu menolong Euis ketika ia dilanda kesulitan.
 
Berbeda dengan Euis, Ara justru menyukai kehidupan barunya di kampung. Ara mendapat hal-hal yang tidak dimilikinya ketika ia sekeluarga tinggal di kota, seperti tidur sekamar dengan Euis, diantar ke sekolah oleh Abah naik motor, dan kehadiran Abah yang lebih banyak di rumah.
 
Ketika Euis dan Ara mulai menyukai kehidupan baru yang tengah mereka jalani, Abah yang sudah beralih profesi menjadi pengemudi ojek online malah berinisiatif menjual rumah mereka di kampung agar dapat kembali ke Jakarta. Keputusan tersebut diambil Abah atas saran dari Romli. Dengan kembali ke Jakarta, Romli beranggapan kehidupan Abah akan jadi lebih baik.
 
Widuri Putri Sasono yang berperan sebagai Ara tampil cemerlang dalam debut filmnya. Karakter Ara yang polos dan apa adanya ini mampu menimbulkan tawa penonton di sela-sela dialognya.
 
Dikemas dengan dialog-dialog sederhana yang ringan, pesan-pesan di dalam film ini dapat tersampaikan dengan baik ke penonton.

Sebagai anak, terkadang kita mungkin merasa kesal dengan orang tua karena hal-hal kecil, begitu pun sebaliknya.
 
Namun, film ini kembali mengingatkan kita bahwa dalam keadaan apa pun, pada akhirnya keluargalah tempat untuk kembali. Sebenarnya kita butuhkan di dalam keluarga adalah kehadiran satu sama lain.

Lewat cerita sederhana yang dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia, Film Keluarga Cemara akan memiliki tempat khusus di hati penonton karena menimbulkan perasaan hangat setelah menonton filmnya.
 
Film Keluarga Cemara merupakan debut film Yandy Laurens sebagai sutradara. Jika kamu pernah menonton web series terkenal di YouTube, seperti Indonesia Itu Rumahku (2016), SORE the Series: Istri Dari Masa Depan (2017), dan Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode (2018), Yandy adalah sutradara yang sama dibalik karya-karya tersebut.
 
Film ini sudah bisa kamu saksikan di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 3 Januari 2019. Jangan lupa nonton bersama keluarga dan teman-teman, ya!
 
Do You Know?
  • Film Keluarga Cemara diadaptasi dari sinetron 90-an dan novel terkenal karya Arswendo Atmowiloto dengan judul yang sama.
  • Sebelum resmi dirilis, film ini sempat laris manis di ajang JAFF (Jogja Netpac Asian Film) pada akhir November lalu.
  • Setiap pembelian satu tiket di GO-TIX, penonton secara langsung ikut menyumbang Yayasan Save the Children.
  • Zara JKT48 rela potong rambut demi bermain di film ini. Melalui film ini juga Zara mendapat kesempatan perdana sebagai pemeran utama.
 
Keluarga Cemara
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Yandy Laurens
Pemain: Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, Widuri Putri Sasono, Asri Welas
Tayang perdana: 3 Januari 2019
Produksi: Visinema Pictures
 
Editor: Maharani Legita Foto: Dok. Twitter @FilmKelCemara
 
Baca juga:

polling

Rasakan Kehangatan Sederhana dalam Film Keluarga Cemara

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.