Sultan Agung, Sebuah Cerita Tentang Tahta Perjuangan dan Cinta

by : Felly Eliza Putri
Posted : August 13, 2018
Setelah sebelumnya banyak membuat film biografi, kali ini Hanung Bramantyo membuat film tentang kehidupan Sultan Agung dalam memimpin Kerajaan Mataram pada 1613–1645, serta perjuangan dan cintanya. Penasaran dengan jalan cerita film yang akan dirilis pada tanggal 23 Agustus 2018 ini nanti? Baca di sini, ya!
 
Film ini berkisah tentang Sultan Agung, anak pertama dari pasangan raja Kerajaan Mataram, Panembahan Hanyakrawati dan G.R Banowati. Sultan Agung juga dikenal dengan Raden Mas Rangsang.
 
Film ini menceritakan perjalanan hidup dari Sultan Agung serta perjuangan dan cintanya.  Sejak kecil, ia telah belajar di Padepokan Ki Jejer. Di padepokan pesantren ini, ia belajar agama serta bela diri bersama Lembayung, Pandji Kelana, dan murid-murid lainnya.
 
Saat belajar di Padepokan Ki Jejer, teman-temannya tidak ada yang tahu kalau sebenarnya Raden Mas Rangsang adalah anak dari Raja Mataram, hingga suatu hari, ayahnya meninggal dan mengharuskan Raden Mas Rangsang kembali ke Keraton. Ia pun diberi gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma.
 
Ia pun harus menyatukan para adipati di tanah jawa yang tercerai berai oleh politik VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen. Dengan berat hati ia pun meninggalkan pujaan hatinya Lembayung. Sultan Agung pun menikah dengan Ratu Batang, yang diperankan oleh Anindya Putri dan memiliki seorang anak laki-laki.
 
Di saat banyak raja yang bekerja sama dengan Belanda, sebaliknya di film ini Sultan Agung diceritakan sebagai raja yang sangat gigih melawan Belanda.
 
Setelah memimpin Kerajaan Mataram, VOC datang untuk meminta izin berdagang di tanah Mataram dan sekitarnya. Sultan Agung mengizinkannya dengan memberikan pajak untuk mereka. Kemarahannya memuncak saat ia mengetahui bahwa VOC tidak memenuhi perjanjian dagang dengan Mataram dengan membangun kantor di Batavia. Ia pun mengibarkan bendera perang Batavia.
 
Sayangnya, Notoprojo, Paman Sultan Agung, yang diperankan oleh Lukman Sardi, berkhianat dalam hal ini. Namun, Sultan Agung memberikan kesempatan kedua untuknya karena permintaan dari Pandji Kelana yang diperankan oleh Rifnu Wikana.
 
Roro Untari yang diperankan oleh Asmara Abigail pun dikirim Kerajaan Mataram untuk menjadi mata-mata di Batavia. Semua penduduk laki-laki dari berbagai kalangan berlatih untuk mengikuti perang di Batavia.
 
Perang pun terjadi. Ia mengirim ribuan orang untuk datang ke Batavia untuk menyerang benteng VOC. Lembayung pun ikut bertempur ke Batavia untuk mencari kakaknya, Seto yang telah menjadi bagian dari pihak VOC.
 
Setelah terjadinya pertempuran yang menghabiskan banyak korban, Lembayung pun meminta Sultan Agung untuk menghentikan pertempuran ini. Namun baginya, pertempuran ini bukan hanya untuk hari ini, namun di masa yang akan datang. Ia ingin menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat.
 
Dalam film ini diceritakan bahwa Sultan Agung dapat menyatukan kerajaan-kerjaan kecil yang ada di Pulau Jawa. Setelah kehilangan banyak korban, akhirnya Sultan Agung memerintahkan sisa pasukan untuk kembali pulang. Kira-kira, bagaimana kisah dari Sultan Agung setelah perang terjadi, ya?
 
Sultan Agung diperankan oleh Marthino Lio dan Ario Bayu, sedangkan pujaan hatinya, Lembayung diperankan oleh Putri Marino dan Adinia Wirasti
 
Film ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan biografi dan sejarah. Selain itu film ini juga menceritakan tentang pentingnya kekeluargaan. Jangan lupa, saksikan Sultan Agung di bioskop pada tanggal 23 Agustus 2018!
 
Kategori: Film Bioskop
Pemain: Marthino Lio, Ario Bayu, Putri Marino, Adinia Wirasti, Lukman Sardi, Rifnu Wikana, Anindya Putri, Asmara Abigail
Tayang: 23 Agustus 2018
Produksi: Mooryati Soedibyo Cinema
 
Editor: Maharani Legita-Foto: Dok. Instagram/ @sultanagung.themovie
 
Baca Juga:

Topic

#MovieUpdate , #AdiniaWirasti , #PutriMarino , #MarthinoLio , #ArioBayu

polling

Love Yourself!

Seperti apa cara kamu mencintai diri sendiri?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!