Sundul Gan: The Story of Kaskus

by : Putriyantini
Posted : June 4, 2016
Persahabatan memang bisa membuahkan sesuatu yang besar. Sebut saja persahabatan antara Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin yang berhasil membangun Facebook hingga menjadi media sosial besar di dunia. Tema itulah yang dibawa sutradara Naya Anindita untuk film biopik pertamanya, Sundul Gan: The Story of Kaskus.
 
Kecanduan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko) dengan main game bikin ia dikirim ke Seattle, AS oleh orangtuanya untuk berkuliah. Tujuannya sih, supaya Ken bisa menjadi cowok yang lebih dewasa, bertanggung jawab dan punya masa depan jelas. Tapi, hidupnya di Seattle justru nggak jauh beda dengan di Indonesia. Sampai akhirnya, ia bertemu dengan Andrew Darwis (Albert Halim), seorang sarjana teknik informatika. Karena suka dengan dunia yang nggak begitu beda, keduanya pun nggak butuh waktu lama untuk akhirnya bersahabat dekat.
 
Di Seattle, Andrew sebenarnya sudah terbilang sukses. Berawal dari tugas kuliah, ia berhasil bikin forum daring bernama Kaskus menjadi populer di Indonesia. Melihat potensi bagus yang dimiliki Kaskus, Ken memutuskan untuk menjadikan forum itu lebih besar lagi. Dari situlah, ia mulai mencari investor dan merekrut pegawai, hingga akhirnya Kaskus menjadi perusahaan yang layak.
 
Meski pengguna Kaskus semakin banyak, menjalani perusahaan itu sendiri nggak mudah. Perbedaan karakter Ken dan Andrew sering menimbulkan konflik. Ken peduli banget dengan potensi bisnis Kaskus, sedangkan Andrew hanya peduli bagaimana Kaskus tetap ada, tanpa peduli menguntungkan atau nggak. Inilah yang sempat bikin Kaskus mengalami masa paling kritis pada 2008 dan nyaris jatuh. Apa yang bisa menyelamatkan Kaskus pun tergantung pilihan keduanya, ego atau persahabatan.
 
Film ini memang menceritakan sejarah Kaskus, dari forum daring kecil hingga menjadi forum terbesar di Indonesia. Hanya, tema yang pengin ditonjolkan di film ini adalah persahabatan Ken dan Andrew. Bagaimana keduanya berani keluar dari comfort zone masing-masing demi membesarkan Kaskus. Berharap bisa memotivasi anak muda Indonesia untuk juga seperti itu. Sayangnya, alur cerita kurang mengalir dengan baik. Ada beberapa potongan cerita yang justru memunculkan berbagai pertanyaan tak terjawab di kepala penonton.
 
Sundul Gan: The Story of Kaskus
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Naya Anindita
Pemain: Dion Wiyoko, Albert Halim, Pamela Bowie
Produksi: 700 Pictures
Tayang di Indonesia: 2 Juni 2016
 
Editor: Fransiska Soraya – Foto: Dok. 700 Pictures
 

polling

Sundul Gan: The Story of Kaskus

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!