Terbang: Menembus Langit, Film Biopik yang Penuh Pesan

by : Ria Juwita
Posted : April 18, 2018
Untuk menggapai impian, semua orang memang harus berusaha semaksimal mungkin. Inilah yang coba diangkat oleh sutradara Fajar Nugros di film biopik terbarunya, Terbang: Menembus Langit.
 
Film biopik ini menceritakan tentang kisah perjuangan Onggy Hianata, seorang motivator sukses yang merupakan keturunan Tionghoa. Sebelum dikenal sukses seperti sekarang, Onggy ternyata harus melalui perjalanan hidup yang nggak mudah.
 
Sejak kecil, Onggy (Dion Wiyoko) hidup bersama keluarga sederhananya yang sangat harmonis. Menjadi bagian dari keluarga besar, Onggy sangat terbiasa dengan hal-hal sederhana yang sangat manis, seperti makan bersama keluarga dan saudara-saudara yang saling mendukung satu sama lain.
 
Suatu hari, Onggy mencuri dengar pembicaraan kedua orangtuanya (Chew Kin Wah dan Aline Adita) yang mengatakan bahwa pendapatan ayahnya tidak mencukupi kebutuhan mereka semua. Onggy kemudian bertanya pada kakaknya. “Kalau aku pintar, apakah kita bisa kaya?” Menanggapi hal tersebut, sang kakak pun mengatakan bahwa jika kita pintar, kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan.
 
Mendengar ucapan sang kakak, Onggy kecil pun bertekad mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Makanya, ketika lulus SMA, Onggy memutuskan pindah dari Tarakan, Kalimantan ke Surabaya, Jawa Timur dengan harapan yang lebih baik.
 
Demi memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai anak perantau, Onggy pun mencoba untuk melakukan banyak usaha. Beberapa di antaranya adalah menjadi pemasok buah-buahan, menjual jagung bakar, hingga membuat kerupuk. Semua bisnisnya memang tidak berjalan lancar. Meskipun begitu, Onggy akhirnya berhasil lulus dari universitas dengan biayanya sendiri.
 
Ketika pada akhirnya menikah dengan cewek idamannya, Candra (Laura Basuki), kehidupan perekonomian Onggy belumlah membaik. Tekad kerasnya menjadi seorang wirausahawan dan bukan menjadi pegawai bawahan tidaklah selalu berjalan dengan mulus.
 
Suatu hari, Onggy mencoba menjadi seorang motivator. Sayangnya, kegigihannya ini belum juga membuahkan hasil. Hingga ia dan Candra pun memutuskan untuk hijrah dari Surabaya ke Jakarta.
 
Berharap mendapatkan nasib yang lebih baik di ibu kota, Onggy dan Candra malah sempat nyaris menjadi korban penjarahan di tahun 1998. Lalu, seperti apa perjuangan keduanya sebagai kaum Tionghoa minoritas di Jakarta?
 
Kerennya…
Film ini menyajikan banyak pesan moral yang bisa kita ambil, salah satunya adalah kegigihan Onggy dalam meraih kesuksesan yang bisa kita tiru. Kentalnya kekeluargaan yang ditampilkan di film Terbang: Menembus Langit ini pun jadi nilai tambah.
 
Ketika Onggy menjadi anak kos di Surabaya dan bertemu dengan teman-temannya dari berbagai suku di Indonesia, kita bisa mendengar berbagai percakapan dengan dialek berbeda-beda.
 
Kecintaan sosok Onggy terhadap Indonesia juga terasa di film ini, sehingga bisa memicu kita untuk makin cinta dengan negeri sendiri, nih!
 
Sayangnya…
Selama dua jam disuguhkan dengan perjuangan dan penderitaan yang harus dilalui Onggy Hianata, sang sutradara tidak menyajikan scene turning point di mana Onggy akhirnya berhasil menjadi sosok motivator sukses.
 
Selain itu, ada beberapa scene yang tidak tergambarkan dan diceritakan dengan jelas, sehingga bikin penonton jadi bertanya-tanya.
 
Do You Know?
  • Film Terbang: Menembus Langit dibuat Fajar Nugros saat dirinya bersama dengan Susanti Dewi, sang produser, berada di Kalimantan. Menurut Susanti, kisah ini sangat relate dengan banyak orang.
  • Fajar Nugros mengaku bahwa menjadi sutradara sekaligus penulis film Terbang: Menembus Langit ini sangat menarik dan menantang. Karena dengan begitu, ia bisa menerjemahkan kisah hidup seseorang ke layar lebar.
  • Demi perannya, Dion Wiyoko harus mempelajari dialek Tarakan yang kental.

 
Terbang: Menembus Langit
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Fajar Nugros
Pemain: Dion Wiyoko, Laura Basuki, Aline Adita, Chew Kin Wah, Baim Wong, Delon, Melissa Karim
Produksi: Demi Istri Production, 2018
Rilis di Indonesia: 19 April 2018
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. Demi Istri Production
 
Baca juga:

Topic

#MovieUpdate , #ReviewFilm

polling

Terbang: Menembus Langit, Film Biopik yang Penuh Pesan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!