“Dark Mode”, Tips Menghemat Baterai Android Super Simple dari Google

by : Helvira Rosa
Posted : November 17, 2018
Berbagai cara sudah pernah kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone tapi tetap tidak berhasil? Mungkin kamu bisa mengikuti salah satu tips yang diberikan oleh Google.

Selama beberapa bulan belakangan, Google gencar merilis fitur "Dark Mode". Fitur ini dikenal juga sebagai mode layar khusus dengan tampilan serba gelap untuk sejumlah aplikasi buatannya. Bukan tanpa sebab, ternyata mode gelap ini berguna untuk membuat baterai smartphone Android jadi lebih irit, nih!

Hal tersebut diungkapkan oleh Google dalam gelaran Android Dev Summit 2018 di Amerika Serikat pada 9 November 2018. Google mengatakan bahwa daya tahan baterai smartphone juga dipengaruhi oleh tingkat kecerahan layar dan warna latar yang biasa kita digunakan sehari-hari.

Dark Mode akan mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang putih menjadi berwarna hitam. Dengan begitu, tingkat konsumsi daya baterai akan berkurang dengan signifikan karena layar smartphone (backlight pada tipe LCD, atau per-pixel untuk layar OLED) tak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap.

Apalagi jika Dark Mode ini digunakan pada smartphone layar dengan panel AMOLED. Panel ini mampu menghemat daya baterai lebih besar ketika aplikasi yang digunakan mengaktifkan Dark Mode.

Dalam pemaparannya, Google menampilkan sebuah grafik berisi perbandingan antara penggunakan aplikasi YouTube (masukin link) dalam mode biasa dengan YouTube (masukin link) dalam mode gelap.

Hasilnya, Google mengklaim bahwa YouTube dalam Dark Mode yang digunakan pada tingkat kecerahan layar 50% dapat membuat smartphone lebih irit 14% dari biasanya.

Sedangkan Dark Mode yang diaktifkan dengan kecerahan layar 100%, konsumsi daya baterai bisa lebih irit hingga 60%.

Selain membuat baterai lebih irit, Dark Mode juga mengurangi potensi kelelahan mata akibat tampilan layar yang terang sehingga para pengguna gadget bisa memiliki waktu lebih lama untuk memainkan gadget-nya.
 
Berapa aplikasi buatan Google, seperti YouTube, Maps, dan Chrome sudah menyediakan opsi Dark Mode yang bisa diaktifkan oleh seluruh penggunanya.

Di level OS, Android 9 Pie secara gamblang menyediakan pilihan Dark Mode, yakni hanya dengan mencari menu Settings, lalu Display, dan yang terakhir tekan pilihan Device Theme.

Selain itu, ada juga vendor smartphone Android yang memperkenalkan Dark Mode sesuai versinya masing-masing. Misalnya Huawei dengan antarmuka EMUI besutannya.

Gimana? Mudah dan praktis banget kan, caranya? Ayo segera simpan daya baterai smartphone-mu dengan mengaktifkan Dark Mode, ya!

Editor: Ria Juwita - Foto: www.pinterest.co.uk , www.slashgear.com

Baca juga:

Topic

#HiTech , #Aplikasi

polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.