Google Drive Segera Ditutup! Siap-siap Back Up Data Kamu ke Fitur Pengganti Ini

by : Mariana Politton
Posted : September 12, 2017

Dengan banyaknya tugas menumpuk, kita tentu sama-sama punya banyak data yang harus disimpan. Belum lagi, ada file pribadi lainnya yang sayang kalau dihapus. Makanya, layanan penyimpanan data di Google Drive menjadi salah satu andalan kita. Tapi, kabarnya Google menutup fitur andalan kita ini, lho. Oh, no!

Yup, it's totally a very bad news and it's real! Baru-baru ini, Google secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya bakal segera menutup layanan cloud storage Google Drive yang diluncurkan pada April 2012 lalu.

Tepatnya pada Maret 2018 mendatang, fitur Google Drive bakal berhenti beroperasi di PC desktop dan Mac. Meski begitu, dukungan PC desktop dan Mac pada fitur Google Drive ini sayangnya bakal lebih dulu berhenti terhitung sejak 11 Desember 2017.

Sedih, ya! Tapi, Google memastikan bahwa aplikasi Google Drive pada mobile device akan tetap ada dan masih bisa diakses. Meski begitu, ada perombakan yang bakal dilakukan, sehingga tetap mempengaruhi data. 

Makanya, Google sangat menyarankan kita untuk cepat-cepat mem-back up data kita masing-masing. Tentu, Google berjanji bakal memberi notification sebagai pengingat bagi semua pengguna Google Drive di seluruh dunia, supaya nggak lupa melakukannya.

Selain itu, Google juga menyediakan dua fitur pengganti Google Drive bernama Backup and Sync dan Drive File Stream untuk kebutuhan penyimpanan data kita selanjutnya.

Pertama, Backup and Sync disebut memiliki konsep dan kegunaan yang sama dengan Google Drive. Bedanya, ada satu keunggulan tambahan yang disediakan Google, yaitu kemudahan akses ke seluruh data komputer, karena kapasitas yang disediakan sangat besar.

Caranya, sangat simple! Kita cukup men-download aplikasi Backup and Sync ke dalam komputer dan mengikuti proses sinkronisasi. Setelah itu, pilih folder berisikan file yang ingin di-back up supaya bisa muncul di dalam kategori My Computer atau My Drive.

Kedua, Drive File Stream menjadi fitur pengganti Google Drive yang terbaru. Pada dasarnya, fitur ini memiliki konsep dan cara penggunaan yang nggak jauh berbeda dari Backup and Sync. Tapi, menariknya, Drive File Stream dirancang secara khusus menjadi sekomersial mungkin, supaya bisa digunakan untuk keperluan bisnis.

Jadi, penasaran? Sabar dulu, ya! Soalnya, Drive File Stream baru bisa diakses pada 26 September 2017 mendatang. Sekarang, waktunya untuk kita mem-back up semua data penting kita dari Google Drive terlebih dahulu, supaya nggak hilang saat aksesnya ditutup. Jangan lupa, ya!

Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.cloudelements.com

Baca Juga:


Topic

#Google , #Aplikasi , #HiTech

polling

Google Drive Segera Ditutup! Siap-siap Back Up Data Kamu ke Fitur Pengganti Ini

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!