Google Translate Makin Akurat dengan Teknologi Neural Machine Translate

by : Novika Dyah P.
Posted : April 29, 2017
Sering mengalami mistranslation atau salah menerjemahkan saat menggunakan Google Translate? Kini kamu nggak perlu khawatir lagi, karena Google sudah memperkenalkan teknologi baru untuk membuat Google Translate makin akurat.

Pada bulan November 2016 lalu, Google sudah memperkenalkan Neural Machine Translation (NMT), sebuah teknologi penerjemah yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence). NMT sendiri diperkenalkan untuk memberikan hasil terjemahan yang lebih akurat, natural dan mudah dimengerti. Dan serunya, mulai 28 April 2017 teknologi tersebut sudah tersedia di Google Translate untuk Bahasa Indonesia.

Berdasarkan riset yang dilakukan tim Google Translate di Indonesia, ada 5 hal yang menjadi preferensi dari pengguna Indonesia saat menggunakan penerjemah online. Yaitu, mudah digunakan, cepat, bisa bekerja antar perangkat, memiliki fitur audio playback untuk mengetahui cara pengucapan dan tata bahasa (grammar).

Teknologi NMT ini akan melihat kalimat secara keseluruhan (tak lagi kata per kata), menggunakan konteks yang lebih luas untuk menemukan hasil terjemahan yang paling relevan, disesuaikan dengan bahasa percakapan dengan tata bahasa yang tepat.
“Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Google Translate paling aktif di dunia. Maka kami sangat senang bisa meluncurkan teknologi ini untuk Bahasa Indonesia. Neural Machine Translation akan membantu memberikan hasil terjemahan yang lebih baik dan natural,” kata Macduff Hughes, Engineering Director Google Translate.

Saat ini, teknologi NMT di Google Translate tersedia untuk hasil terjemahan bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan juga sebaliknya. Di luar Bahasa Indonesia, NMT juga diaplikasikan pada 40 bahasa lain, seperti Korea, Jepang, Cina, Prancis, Jerman, Spanyol dan Rusia.

Kita sudah bisa menggunakan teknologi NMT di Google Translate, baik lewat aplikasi Android, iOs, desktop (translate.google.com) dan fitur penerjemah otomatis di Google Chrome. Editor: Ria Juwita Foto: Dok. Google

Baca juga:

Topic

#TechnoUpdate , #HiTech

polling

Google Translate Makin Akurat dengan Teknologi Neural Machine Translate

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!