Instagram Luncurkan Fitur Penyaring Komentar Otomatis untuk Para Milenial

by : Helvira Rosa
Posted : December 31, 2018
Sebagai pengguna sosial media aktif, pastinya kamu sudah sangat sering menemukan berbagai macam bentuk komentar yang nggak pantas dan bertebaran dimana-mana, kan? Untuk menekan penyebarannya, kini Instagram merilis sebuah fitur baru yang berguna menyaring berbagai komentar jahat secara otomatis. Mau seperti apa cara kerjanya? Yuk, simak pembahasannya di halaman selanjutnya!

4 Kategori Komentar yang Akan Disaring dan Dihilangkan oleh Instagram

Pada 11 Desember 2018 lalu, Instagram baru saja merilis sebuah fitur penyaring komentar dalam bahasa Indonesia. Fitur ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga Instagram sebagai tempat yang aman dan positif dalam berekspresi bagi penggunanya di Indonesia, khususnya bagi para generasi milenial.

Fitur ini dibuat dengan teknologi mesin pembelajaran (machine learning) yang secara otomatis akan menyaring komentar yang dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Komentar-komentar yang mengganggu akan secara otomatis disaring dan disembunyikan, sehingga orang tidak dapat melihat atau menyadari keberadaan komentar tersebut. 

Ada empat kategori komentar yang akan secara langsung akan disaring dan dihilangkan oleh Instagram, diantaranya komentar bersifat bullying, komentar kebencian, komentar bersifat pelecehan seksual, dan komentar spam. Kategori pertama yang disaring oleh fitur ini adalah komentar yang bersifat bullying. Komentar yang bersifat bullying biasanya ditandai dengan adanya tingkah laku yang dapat membuat orang merasa tidak nyaman dan bersifat agresif terhadap pengguna lain.

Hebatnya lagi, fitur ini pun dapat memberikan notifikasi kepada Instagram apabila ada akun yang mem-posting konten agresif berulang kali, maka Instagram dapat segera menghapus akun tersebut. Selain itu, fitur ini juga akan menyaring komentar yang berkaitan dengan ujaran kebencian atau hate speech, terutama komentar-komentar yang mengancam suatu kelompok agama atau etnik tertentu.

Dua kategori komentar lainnya yang akan disaring adalah komentar yang menggunakan bahasa seksual dan ditujukan untuk melecehkan orang lain, serta komentar spam. Fitur penyaring komentar ini merupakan fitur yang tersedia secara otomatis di Instagram. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengakses menu profil, setelah itu pilih Pengaturan, dan klik Kontrol Komentar.

Untuk menonaktifkan fitur ini, klik menu pilihan 'Sembunyikan Komentar Ofensif' pada pengaturan Kontrol Komentar. Tingkat akurasi fitur penyaring komentar ini di Instagram telah mencapai 95% dengan pemeriksaan berkelanjutan oleh tim Instagram, lho!
 

Topic

#HiTech , #Aplikasi

polling

Instagram Luncurkan Fitur Penyaring Komentar Otomatis untuk Para Milenial

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!