Ria SW Ceritakan Keseruan di Balik Kamera ke Buku Off The Record

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : September 22, 2018
Kalau kamu sering menonton vlog makanan atau acara mukbang di YouTube, pasti kamu tau Ria SW. Cewek satu ini memang dikenal sebagai food vlogger yang menyukai makanan pedas. Dirinya pun sempat berkolaborasi dengan Raditya Dika dan diundang ke beberapa acara untuk mencoba tantangan makan makanan pedas, seperti mie setan.
 
YouTuber asal Indonesia yang sering mencari berbagai macam kuliner menarik di Jakarta atau luar negeri ini pun merekam keseruannya di Channel Youtube-nya, Ria SW, yang sudah mencapai lebih dari satu juta subscriber. Namun, ternyata terdapat keseruan lain di belakang kamera yang merekam kegiatan jalan-jalan dari penggemar G-Dragon ini.
 
Keseruan yang tidak terekam ini pun kemudian dirangkum oleh pemilik nama asli Ria Sukma Wijaya ini dalam buku perdananya, Off the Record. Melalui bukunya ini, mantan asisten produser di stasiun teve ini pun menceritakan berbagai macam pengalaman yang tidak pernah dibagikannya.
 
Di buku Off the Record ini, kita juga bisa menemukan cerita Mukbang Masakan Padang yang membuat Ria sadar dengan peninggalan ayahnya mengenai cara pandang makanan yang kemudian menjadi profesinya sekarang.
 
“Kenapa Mukbang Masakan Padang? Karena aku belum sempat bikin bokap bangga sama apa yang aku lakukan. Dan waktu nulis bagian ini, aku makin sadar bahwa bokap meninggalkan sesuatu, yaitu kesukaan tentang makanan dan cara pandang tentang makanan, yang sekarang malah jadi profesiku,” kata Ria.
 
Adapula cerita lucu seperti Curhatan Curut yang membebaskan imajinasi Ria. Curut sendiri merupakan karakter imajinasi yang diciptakan oleh Ria dalam bentuk boneka bebek kecil.
 
“Untuk bagian Curhatan Curut, aku nulisnya sambil ketawa-ketawa. Berkesan, karena aku harus memainkan imajinasiku. Aku yakin nggak hanya aku yang merasa Curut itu ‘hidup’. Tapi juga mereka yang baca merasakan hal yang sama,” ujar lulusan sekolah Fransiskus 1 Jakarta ini.
 
Selain Mukbang Masakan Padang dan Curhatan Curut, Ria juga menambahkan beberapa dialog imajiner antara dirinya dengan si Perut Karung dan Lidah Api yang sering menemaninya dalam vlog-nya. Sebagai tambahan, YouTuber yang aktif sejak 2016 ini pun memberi bonus features cerita pendek tentang planet fiktif yang dianggap sebagai planetnya, yaitu planet Zizya.
 
Namun, yang paling menarik dari buku yang ditulis langsung oleh Ria ini adalah banyaknya pesan bermanfaat untuk menjadi seorang content creator. “Aku ingin anak-anak generasi sekarang nggak hanya baca buku aku ini, tapi juga mulai membiasakan diri untuk membaca buku yang lain. Gemar membaca harus menjadi budaya kita lagi,” ujar Ria.
 
Buku yang merangkum keseruan Ria ini pun sudah didistribusikan sejak Mei lalu di toko buku dan toko buku online. Tercatat buku ini berhasil terjual hingga 12.000 cetak, lho! Penasaran kan dengan cerita pengalaman dan imajinasi Ria SW?
 
Off the Records
Penulis: Ria Sukma Wijaya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 224 Halaman
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Gramedia Pustaka Utama
 
Baca juga:

Topic

#Reviewbuku

polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.